Breaking News:

Herman Deru : Tak Ada Koreksi dari Menhub, Pelabuhan Tanjung Carat akan Grounbreaking November 2021

Herman Deru meminta dukungan dan doa dari semua pihak serta masyarakat Sumsel semoga di bulan November dimulai pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat

Penulis: Odi Aria Saputra | Editor: Sudarwan
Dok Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel, Herman Deru saat menggelar Pertemuan Advokasi Rencana Pemanfaatan Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat di Gedung Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (7/7/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus mempercepat pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat Banyuasin yang diproyeksi jadi turbin penggerak ekonomi di Sumsel.

Rencananya pada November mendatang, proyek ini akan dilakukan groundbreaking.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel, Ekowati mengatakan penentuan titik lokasi sudah ditinjau dan ditetapkan oleh Menteri Perhubungan, Gubernur dan Bupati.

Oleh karena itu, ditargetkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat ini akan mulai dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

"Jadi kita sudah dapat area dan kemudian dilanjutkan titik. Begitu groundbreaking akan langsung pembangunan fisik," ujarnya seusai Pertemuan Advokasi Rencana Pemanfaatan Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat di Gedung Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (7/7/2021).

Dijelaskannya, Pelabuhan Tanjung Carat telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan demikian ada kemudahan untuk percepatan pembangunan pelabuhan ini.

Mengingat pengembangan pelabuhan tersebut nantinya akan menjadi pelabuhan besar dan internasional.

Ekowati menjelaskan, pihaknya telah melakukan peninjauan area untuk pembangunan pelabuhan dan memastikan kedalaman dan titik koordinat pembangunan pelabuhan tersebut.

Ia menambahkan, meski pembangunan belum dilakukan, namun sudah ada investor yang tertarik untuk berinvestasi di megaproyek itu.

"Pelabuhan ini juga dapat membuat efisiensi terhadap biaya logistik karena adanya kapal-kapal besar bisa bersandar di sana. Tentu ini dapat meningkatkan ekonomi dan investasi di Sumsel," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru menambahkan setelah menggelar rapat bersama Menhub RI untuk progres rencana Pelabuhan Tanjung Carat tidak ada koreksi sehingga pelaksanaan pembangunan dapat sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Herman Deru meminta dukungan dan doa dari semua pihak serta masyarakat Sumsel semoga di bulan November ini dimulainya pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat oleh Presiden RI.

"Artinya tidak ada hambatan-hambatan lagi, tetap on schedule. Insya Allah di bulan November ground breaking menyesuaikan jadwal Presiden RI, Joko Widodo untuk pelaksanaannya," kata Deru.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved