Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Pemberlakuan Ganjil Genap di Palembang, Kasatlantas Polrestabes: Kami Awasi Nomor Paling Ujung

Kasatlantas Polrestabes Palembang, Kompol Endro Ariwibowo mengatakan, pihaknya akan mengawasi angka dari nomor polisi kendaraan yang paling ujung

Penulis: Andi Wijaya | Editor: Soegeng Haryadi
SRIPO/ANDYKA WIJAYA
Kasat Lantas Polrestabes Palembang, Kompol Endro. 

SUMSEL, khususnya Kota Palembang, pekan depan memulai sistem ganjil genap untuk kendaraan roda empat diempat ruas jalan yang telah ditentukan. Dalam wawancara, Kasatlantas Polrestabes Palembang, Kompol Endro Ariwibowo mengatakan, pihaknya akan mengawasi angka dari nomor polisi kendaraan yang paling ujung, apakah ganjil atau genap yang melintasi empat ruas jalan di Palembang yang telah ditentukan. Berikut petikan wawancara wartawan Sripo Andy Wijaya dengan Kasatlantas Polrestabes Palembang Kompol Endro Ariwibowo.

***********

Terkait pemberlakuan ganjil-genap untuk roda empat, apa yang dilakukan Polrestabes Palembang, khususnya Sat Lantas Polrestabes Palembang?
Sebelumnya saya diundang oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel. Disana ada beberapa stakeholder terkait (Dinas Perhubungan, Pol PP, Direktorat Lalulintas, kami sendiri dari Satlantas Polrestabes Palembang). Di forum itu baru jelas bahwa ganjil-genap baru ada dari Keputusan Gubernur Sumsel.

Baca juga: Hari Pertama Sistem Lalu Lintas Ganjil Genap di Palembang, Pelat Genap Banyak Putar Balik di POM IX

Apa latar belakang pemberlakukan ganjil-genap di Kota Palembang?
Tentunya ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah tentang pengendalian penyebaran virus Covid-19.

Tujuannya dilakukan ganjil genap ini apa?
Jadi sistem ganjil-genap ini untuk membatasi pergerakan masyarakat yang menggunakan kendaraan dibeberapa ruas jalan yang sudah ditetapkan berdasarkan peraturan gubernur tersebut.

Untuk ruas jalan mana saja sistem ganjil-genap diterapkan?
Terdapat empat titik ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap dalam peraturan pemerintah Gubernur Sumatera Selatan. Yang pertama ada di sepanjang Jalan A Rivai, Jalan POM IX, Jalan Merdeka, dan Jalan Angkatan 45. Untuk jam berlakunya sendiri sudah dibahas juga mulai dari pukul 16.00-22.00 WIB.

Baca juga: Daftar Empat Lokasi Ganjil Genap di Palembang, Masyarakat Diminta Jangan Keluar di Jam-jam Ini

Apakah Sat Lantas Polrestabes Palembang sudah melakukan sosialisasi terkait permberlakuan ganjil genap ini?
Sosialisasi pemberlakuan ganjil genap khusus kendaraan roda empat (R4) ini mulai dari 1-4 Juli 2021. Tadi disampaikan bahwa dari tanggal 1 Juli sampai 4 Juli adalah tahap sosialisasi kepada masyarakat, mulai dari Dinas Perhubungan dan instansi pemerintah akan membuat pengumuman dan sosialisasi untuk masyarakat dan diberlakukan mulai 5 Juli mendatang.

Kapan ganjil genap ini diberlakukan secara resmi?
Pada Senin (5/7/2021) mendatang akan diberlakukan secara resmi sistem lalu lintas ganjil-genap di empat titik ruas jalan yang sudah disebutkan di atas dan pada jam-jam tertentu.

Bagaimana cara menentukan kendaraan roda empat yang ganjil atau genap?
Pemberlakuan ganjil genap ini dikhususkan untuk R4 (roda empat) saja dan yang perlu diingat yang kami awasi adalah plat nomor paling ujung, yaitu angka ganjil atau angka genap.

Baca juga: Penerapan Aturan Ganjil Genap, Gubernur Sumsel Herman Deru : Jika Dampaknya tidak Oke Bisa Direvisi

Ada sanksi yang bakal diberlakukan terhadap pelanggar sistem ganji-genap?
Untuk sanksi, karena pemberlakuan ganjil-genap di Palembang ini untuk membatasi masyarakat tidak berlaku seperti pelaksanaan ganjil genap yang ada di Jakarta.

Terakhir, apa harapan kepada masyarakat Palembang?
Harapan kami mudah-mudahan dengan penerapan ganjil genap ini bisa mendidik masyarakat untuk tidak keluar pada jam tersebut sehingga mereka banyak di rumah kemudian dapat mendukung program pemerintah dalam pengendalian Covid-19. (diw)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved