Breaking News:

Mata Lokal Award

Berhasil Kurangi Aksi Begal, Pemda Empat Lawang Raih Penghargaan di Mata Lokal Award

Penghargaan ini diterima oleh Pemkab Empat Lawang karena telah berhasil menekan atau menurunkan angka pencurian dengan kekerasan atau begal di Kabupat

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Kominfo Empat Lawang
Perwakilan dari Media Tribunsumsel melalui wartawan Sahri R menyerahkan piagam penghargaan Mata Lokal Award kategori Pemerintahan Pemda Wujudkan Keamanan Desa Terbaik kepada Pemda Empat Lawang yang diterimah oleh Plt Sekda Empat Lawang Indera Supawi, dan Kadis Kominfo Empat Lawang Agus Rochmat Basuki yang mengangkat Palakat Tribunsumsel. 

SRIPOKU.COM, EMPAT LAWANG - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang berhasil meraih penghargaan dari Tribun Sumsel pada perhelatan Mata Lokal Award 2021 dengan kategori Pemerintahan Pemda Wujudkan Keamanan Desa Terbaik.

Adapun Mata Lokal Award dipersembahkan oleh Tribun Sumsel-Sriwijaya Post pada momen Ulang Tahun Tribun Sumsel yang ke-9, dimana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) dilangsungkan secara virtual di Graha Tribun, Kota Palembang, Jumat (2/7/2021) lalu.

Penghargaan ini diterima oleh Pemkab Empat Lawang karena telah berhasil menekan atau menurunkan angka pencurian dengan kekerasan atau begal di Kabupaten Empat Lawang.

Adapun seperti diketahui beberapa tahun sebelumnya tindak kriminal begal sempat merajalela di Kabupaten Empat Lawang, terkadang kejadian pencurian dengan kekerasan tersebut terjadi di siang bolong dimana para pelaku dengan sangat sadis tidak segan untuk melukai korban.

"Memang sekitar tahun 2018 ke bawah tepatnya sekitar 2015 hingga 2017 kejadian begal atau perampokan di Kabupaten Empat Lawang cukup tinggi, dan hal tersebut juga menjadi salah satu tugas saya sebagi pemimpin Empat Lawang untuk kemudian menciptakan keamanan di desa-desa," Kata Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad ketika dihubungi melalui telepon, Senin (5/7/2021) kemarin.

Joncik mengakui di hari kedua dirinya resmi dilantik menjadi Bupati Empat Lawang dirinya langsung sigap berinisiatif untuk mempimpin rapat pembentukan Pol PP desa yang kemudian ditempatkan atau berjaga di titik atau area rawan begal.

"Hari kedua saya mulai berkantor di Tebing Tinggi langsung dirapatkan untuk membahas pembentukan Pol PP desa, dimana salah strateginya yakni kita pilih dan tugaskan jagoan-jagoan tiap desa untuk kemudian betugas di titik rawan begal misal di jalan-jalan yang sepi penduduk," jelas Joncik.

Adapun saat ini keamanan di desa-desa telah tercipta di Kabupaten Empat Lawang masyarakat yang ingin bepergian dengan menggunakan sepeda motor tidak lagi merasa khawatir karena pada tiap-tiap area yang dikenal rawan telah dijaga oleh Pol PP desa.

"Kalaupun seandainya kejadian begal terulang kita akan minta Pol PP desa untuk melakukan pengungkapan dan ganti rugi untuk korban," jelas Joncik.

Hingga saat ini tercatat ada 335 personel Pol PP desa pada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang yang siap siaga di setiap harinya pada jam kerja, personil pengaman desa ini berjaga di pos-pos yang terletak di area atau titik rawan begal dan perampokan.

Adapun penyerahan plakat dan piagam penghargaan kategori Pemerintahan Pemda Wujudkan Keamanan Desa Terbaik dari Tribun Sumsel-Sriwijaya Post untuk Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang dilakukan di ruangan Sekda Empat Lawang dan diterima langsung oleh Indera Supawi selaku Pelaksana Tugas (Plt) Sekda karena Bupati sedang berada di Kota Palembang.

Pada kesempatan itu, Sekda Empat Lawang Indera Supawi berpesan jika Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang telah berhasil memenuhi janjinya dalam hal menciptakan keamanan di desa-desa, dimana menurutnya memang seharusnya keamanan harus diutamakan.

"Alhamdulillah saat ini keamanan telah tercipta di desa-desa yang ada di seluruh Kabupaten Empat Lawang berkat kerja keras Pak Bupati dan Wakil Bupati kedepannya semoga hal baik ini bisa diteruskan untuk mendukung pembangunan dan kemajuan Empat Lawang," tandas Indera.

 
 

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved