Lonjakan Kasus Covid

"KENAPA di Jakarta Panik Semua?" VIDEO Padang Aman dari CORONA Bikin Heboh, Ini Faktanya

-Viral di media sosial video seorang wanita berinisial Y (55) tengah berada di sebuah restoran di Padang, Sumatera Barat

Editor: Wiedarto
Foto tangkap layar video
Video suasana restoran di Padang yang ramai pengunjung tanpa protokol kesehatan 

SRIPOKU.COM, PADANG--Viral di media sosial video seorang wanita berinisial Y (55) tengah berada di sebuah restoran di Padang, Sumatera Barat. Dalam video berdurasi 1 menit 5 detik, wanita tersebut merekam kondisi di restoran yang ramai pengunjung.

Wanita itu menyebut Padang bebas dari penyekatan dan aman dari Covid-19. "Padang aman, tidak takut sama corona. Lihatlah, lihat. Saya lagi di Padang, makan di Restoran Bebek Sawah. Ramai, enggak ada jaga jarak, bebas. Kenapa kita di Jakarta pada panik semua?” kata Y.

Benarkah klaim wanita tersebut? Dinas Kesehatan Kota Padang menyebutkan bahwa saat ini Kota Padang, Sumatera Barat, mendekati zona merah Covid-19. Kepala Dinkes Kota Padang Ferimulyani Hamid mengatakan, peningkatan kasus positif corona di Padang cukup mengkhawatirkan. Lonjakan jumlah warga yang terpapar virus mencapai ratusan orang dalam sehari.

"Berdasarkan indikator kesehatan masyarakat pada pekan ini, kita mendekati zona merah," kata Ferimulyani di Padang, seperti dikutip dari Antara, Minggu (4/7/2021).

Menurut dia, sesuai indikator kesehatan masyarakat mengenai seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat, Kota Padang berada di angka 2,2. Sedangkan batas zona merah di angka 1,8.

"Sementara, secara keseluruhan di Indonesia, Provinsi Sumatera Barat berada di zona merah," kata dia.

Untuk itu, seluruh masyarakat di Padang diimbau agar tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan penting.

Warga juga diimbau disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. "Warga diharapkan juga segera melakukan vaksinasi," kata Ferimulyani.

Warga yang merasakan gejala Covid-19 agar segera memeriksakan diri dengan mendatangi Puskesmas untuk tes usap.

"Jika terasa gejala Covid-19 seperti hilang penciuman, demam, dan lainnya, segera swab dan melakukan isolasi mandiri," kata dia.

Menurut data hingga 4 Juli 2021, total kasus Covid-19 yang tercatat di Kota Padang berjumlah 23.669 kasus. Dari jumlah itu, pasien yang dinyatakan sembuh 21.787 orang Sementara pasien yang meninggal dunia 402 orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Padang Aman dari Covid-19 Seperti Klaim Wanita dalam Video Viral, Ini Faktanya"
Editor : David Oliver Purba

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved