Breaking News:

Capaian Vaksinasi Lansia Belum Penuhi Target, Dinkes OKU Selatan Sebut Temui Kendala di Lapangan

Realisasi vaksinasi lansia menemui sedikit kendala diantaranya terbentur kendala penyakit bawaan (komorbid) terhadap lansia hingga jarak yang jauh.

Penulis: Alan Nopriansyah | Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/Alan Nopriansyah
Proses vaksinasi terhadap lansia di salah satu daerah wilayah Kecamatan Kisam Ilir Kabupaten OKU Selatan, Senin (5/7/2021). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Alan Nopriamsyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA -- Program vaksinasi Covid-19 di kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) sudah direalisasikan 30.274 vaksiniasi atau dengan presentase 65,50 %.

Dinas Kesehatan atau Dinkes OKU Selatan melalui Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit melalui Kasi Survalen dan Imunisasi Chandra Yutino mengatakan, dari masing-masing kategori realisasi vaksinasi covid-19 di Bumi Serasan Seandanan belum sepenuhnya telah mencapai target.

Dari beberapa kategori ada yang telah melampaui target ada pula yang belum, Seperti halnya Nakes (Tenaga Kesehatan) sudah merealisasikan vaksinasi sebanyak 1.501 dari target sasaran 1.364. 

Sementara vaksinasi dikategorikan pelayan publik meliputi anggota TNI, Polri, ASN, BUMN, BUMD, Pedagang, Sopir dan lainya total realisasi sebanyak 25.433 dari target sasaran 18.780.

"Teruntuk kategori Lansia, kita memang belum memenuhi target. Dari jumlah saran sebanyak 26.073 kita memang baru merealisasikan 3.340 vaksinasi,"ungkap Chandra, dibincangi, Senin (5/7).

Realisasi lansia diakui Chandra, menemui sedikit kendala diantaranya terbentur kendala penyakit bawaan (komorbid) terhadap lansia.

Sehingga, memerlukan pemeriksaan dan skrining hingga dipastikan aman melalui rekomendasi dokter, serta kendala lainnya lansia berada ditempat jauh.

"Khusus kategori lansia ini, banyak target-target yang terkendala di komorbid itu."

"Kesulitannya lagi, jika lansia-lansia ini berada di wilayah yang jauh, letak geografis kita yang jauh ini juga, memang menambah kendala kita dalam vaksinasi," jelasnya.

Kendati demikian, Meskipun kerap kali terbentur beberapa kendala, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan sejauh ini petugas vaksin terus menggenjot vaksinasi hingga kewilayah Kecamatan melalui 19 UPTD Puskesmas seluruh Kabupaten OKU Selatan

"Vaksinasi ini, terus jalan terakhir juga kita melalui program Polri yakni satu juta vaksinasi, rampung dilaksanakan," pungkasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved