Breaking News:

Liputan Khusus

Heboh Obat Cacing Ivermectin untuk Covid-19, di Palembang Banyak yang Cari Tapi Pasokan Kosong

Sejak sepekan lalu stok Ivermectin telah kosong karena tidak lagi ada suplai dari distributor.

Editor: Soegeng Haryadi
AFP/thestraitstime
ILUSTRASI: Pasien Covid-19 bergejala berat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sempat ditolak sejumlah puskesmas dan rumah sakit karena ruang perawatan penuh. 

PALEMBANG, SRIPO — Obat Ivermectin mendapat izin untuk dilakukan uji klinis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai obat Covid-19. Mulanya Ivermectin mendapatkan izin penggunaan sebagai obat cacing.

Sripo menelusuri beberapa apotek di Kota Palembang untuk memastikan ketersediaan Ivermectin. Dua apotek besar di Jalan Kapten A Rivai Palembang menyebutkan tak pernah menjual Ivermectin. Bahkan salah seorang karyawan apotek pertama mengaku tak mengetahui obat bernama Ivermectin.

"Saya enggak tahu obat ini. Di sini juga tidak pernah jual. Baru mbak (wartawan Sripo) saja yang tanya obat ini," ujar karyawan apotek tersebut.

Sementara itu, di apotek milik BUMN pun stok Ivermectin tidak tersedia. Karyawan apotek hanya mengatakan jika obat tersebut untuk menangani penyakit akibat bakteri.

Kemudian penelusuran dilakukan di apotek di Jalan Srijaya Negara. Sripo mendatangi dua apotek di kawasan ini. Seperti dua apotek sebelumnya, di apotek ketiga ini tidak menjual Ivermectin.

Namun, di apotek keempat atau di salah satu apotek yang buka selama 24 jam, sempat menyatakan menjual obat tersebut.

Namun karyawan apotek yang enggan disebutkan identitasnya, mengatakan, sejak sepekan lalu stok Ivermectin telah kosong karena tidak lagi ada suplai dari distributor.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

"Banyak yang cari tapi memang tidak ada stok. Itu obat cacing," kata menjelaskan.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved