Breaking News:

Anak Rasakan Gejala Covid-19, Bagi Orang Tua Ketua IDAI Sarankan Begini

Covid-19 pada anak bisa diatasi dengan baik dengan melakukan isolasi mandiri dan rutin berkonsultasi dengan dokter.

Editor: Azwir Ahmad
SHUTTERSTOCK/FamVeld
Ilustrasi menjaga kesehatan anak di masa pandemi Covid-19 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Bagi orang tua yang mendapatkan anaknya memiliki gejala Covid-19 tidak perlu takut berlebihan.

Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Bhakti Pulungandalam kondisi seperti saat ini, para orangtua harus berkonsultasi dengan dokter anak.

Konsultasi bisa dilakukan melalui telepon, chat dan video call tanpa harus membawa anak ke rumah sakit.

"Kalau bisa saat ini semua keluarga memiliki kontak dokter, boleh dokter anak, dokter umum jadi kalau ada emergency kalau bisa keadaan ringan, itu jangan ke rumah sakit. Rumah sakit saat ini full sekali," kata Aman dalam Instagram Live IDAI bertajuk "Kupas Tuntas Rencana Pembukaan Sekolah", Selasa (29/6/2021).

Aman menambahkan, setelah berkonsultasi dengan dokter, orangtua harus mendampingi dan merawat anaknya sesuai petunjuk yang disampaikan dokter.

Dia mengingatkan orangtua tidak asal memberikan obat untuk anak, tanpa ada rekomendasi dari dokter.

"Jangan memberikan yang aneh-aneh kepada anak, karena banyak hoaks di WA grup, jadi ada yang salah berikan obat pada anak," ujarnya.

Selanjutnya, kata Aman, orangtua tidak perlu takut secara berlebih ketika anak mereka positif Covid-19. Karena Covid-19 pada anak bisa diatasi dengan baik dengan melakukan isolasi mandiri dan rutin berkonsultasi dengan dokter.

"Kita rekomendasi (obat untuk anak) ini untuk di rumah ya, pertama vitamin D, kedua vitamin C dan zinc, tiga itu saja yang ada rekomendasi saintifiknya sediakan juga obat panas di rumah dan Oximeter tentunya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Saran IDAI Untuk Orangtua Jika Anak Merasakan Gejala Covid-19 ", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/06/29/21101921/ini-saran-idai-untuk-orangtua-jika-anak-merasakan-gejala-covid-19.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved