Breaking News:

Lonjakan Kasus Covid

SAYANGI NYAWA Anak, Ribuan Balita Terpapar Virus Corona: Hindari Bermain di Luar Rumah

Hal yang mengkhawatirkan adalah 1.112 orang di antaranya merupakan anak-anak di bawah 18 tahun.

Editor: Wiedarto
iStock/Natee127
ilustrasi anak penderita asma yang sedang mendapat penanganan uap 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Jakarta kembali "menorehkan" rekor terbaru kasus harian Covid-19 pada Kamis (24/6/2021) dengan 7.505 kasus. Hal yang mengkhawatirkan adalah 1.112 orang di antaranya merupakan anak-anak di bawah 18 tahun.

"Sebanyak 15 persen dari 7.505 kasus positif hari ini adalah anak-anak di bawah usia 18 tahun," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam keterangan tertulisnya.

Adapun rincian jumlah kasus yang menimpa anak-anak adalah sebagai berikut: 830 orang merupakan anak usia 6-18 tahun, dan 282 orang merupakan anak usia 0-5 tahun. Data tersebut mengirimkan pesan serius kepada para orangtua agar menjaga anak-anak mereka dengan baik dan mengurangi aktivitas di luar rumah, apalagi aktivitas yang tidak urgen. "Sebisa mungkin lakukan aktivitas di rumah saja bersama anak, karena kasus positif pada anak saat ini masih tinggi," ujar Dwi.

Sementara kasus lainnya masih didominasi usia 19-60 tahun dengan jumlah 5.775 orang.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan, ada kemungkinan varian baru virus corona yang sudah masuk Jakarta lebih mudah menular di kalangan anak-anak usia 0-18 tahun. "Besar kemungkinan ini adalah varian baru yang dengan mudah menular termasuk kepada anak-anak," kata Anies dalam keterangan suara, Selasa (22/6/2021). Varian baru tersebut adalah varian Delta (B.1617.2) yang pertama kali muncul di India. Hal ini senada dengan temuan di Inggris.

Laporan CNBC.com pada Rabu (16/6/2021) mengungkap bahwa transmisi virus corona varian Delta, yang saat ini mendominasi di Inggris, meningkat di kalangan anak-anak usia 12 hingga 20 tahun. Sementara laporan dari BMJ.com, sebuah situs penyedia informasi kesehatan global, menyingkap data yang mengejutkan dari Badan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE).

PHE mencatat sebanyak 140 klaster penyebaran varian Delta di sekolah hingga akhir Mei 2021. Varian Delta sendiri pertama kali teridentifikasi di India pada Oktober tahun lalu, dan kini sudah menyebar ke lebih dari 80 negara, termasuk Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ribuan Anak Positif Covid-19 di Jakarta Hari Ini, Orangtua Jangan Bandel"
Penulis : Ivany Atina Arbi
Editor : Ivany Atina Arbi

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved