Breaking News:

Jejak Kerajaan Sriwijaya yang Tetap Melegenda Hingga Kini

Catatan Paul Michel (2006) dalam Eraly Kingdoms of The Indonesia Archipelago and the Malay Peninsula, kota Palembang digambarkan bagaikan kota Tigris

Penulis: Hendra Kusuma | Editor: aminuddin
Jejak Kerajaan Sriwijaya yang Tetap Melegenda Hingga Kini - palembang2jpg.jpg
net
Jembatan Ampera tempo dulu

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, memang layak disebut kota bisnis dan perdagangan.

Hal ini dikarenakan sejarah Palembang dalam Catatan Cina, Disebut Kota Besar dan sebuah negara penguasa perdagangan.

Disebutkan jika para pelaut-pelaut tangguh dari Cina di Abad ke-14 lebih realistis menceritakan kondisi kota Palembang tempo dulu.

Mereka menggambarkan bahwa kota Palembang sebagai kota besar dan menjadi pusat bagi kerajaan Sriwijaya.

Bahkan mereka menamakan Sriwijaya sebagai sebuah negara besar yang memiliki kekuasaan hingga Asia Tenggara, dengan Palembang sebagai ibu kotanya.

Catatan Paul Michel (2006) dalam Eraly Kingdoms of The Indonesia Archipelago and the Malay Peninsula (dikutip wikipedia), kota Palembang digambarkan bak kota Tigris.

Para pelaut Cina pun mengatakan, ketika mereka memasuki perkampungan Palembang, maka mereka seperti melakukan perjalanan di kota 1001 malam.

Disepanjang Sungai Musi yang besar dan berair tenang namun cukup deras kala itu, terdapat rumah-rumah rakit di sepanjang pinggir Sungai, di mana penduduknya menyebutkan jika penduduk yang tinggal dan mendirikan rumah-rumah rakit hidup rukun tanpa dipungut pajak.

Jika menelusuri sungai di sepanjang malam hingga menjelang pagi, maka akan terdengar kokok ayam jantan bersahutan-sahutan, Sungai Musi menjadi alur lintas perdagangan dan juga kaya akan ikan membuat penduduk hidup tenang dan makmur.

Sementara itu, ada sebagian penduduk hidup di tanah kering dan rumah panggung sangat besar terdiri dari tiang-tiang yang dibangun dengan sangat kokoh.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved