Breaking News:

Lonjakan Kasus Covid

SAKIT Kepala, Bisa Menjadi Pertanda Serangan Covid: Darah Mengental hingga Stroke, Ini Gejalanya

Bahaya infeksi virus Corona tak cuma pada sistem pernapasan manusia, melainkan juga pada saraf otak.

Editor: Wiedarto
AFP/thestraitstime
ILUSTRASI: Pasien Covid-19 bergejala berat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sempat ditolak sejumlah puskesmas dan rumah sakit karena ruang perawatan penuh. 

SRIPOKU.COM, MEDAN -- Bahaya infeksi virus Corona tak cuma pada sistem pernapasan manusia, melainkan juga pada saraf otak. Ya Covid-19 bisa menginfeksi saraf otak hingga menimbulkan gejala mulai ringan hingga berat.

Sebagaimana diungkapkan Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe SpS(K) dari Fakultas Kedokteran (FK) USU, dampak infeksi virus corona terhadap saraf otak bisa dikatakan masih terbilang baru.

Mulanya gejala infeksi Covid-19 ini dianggap hanya berpengaruh terhadap paru-paru.
Lalu publikasi ilmiah menunjukkan banyak di luar organ paru-paru yang terkena juga.

Artinya, bukan hanya menyerang paru-paru melainkan juga seluruh organ tubuh.

"Ada satu publikasi ilmiah yang sangat fenomenal di tahun Juni 2020, yang menyampaikan bagaimana virus corona bukan hanya menyerang paru-paru tetapi hampir seluruh organ tubuh.

Virus ini dapat berpengaruh terhadap susunan saraf pusat ke otak dan juga susunan saraf tepi (saraf yang menghubungkan saraf pusat ke seluruh tubuh)," ungkap Aldy.

Dijelaskan dia, Covid-19 ini di dalam tubuh akan menimbulkan suatu kondisi di mana darah menjadi kental, sehingga menimbulkan gangguan ke seluruh organ tubuh. Kondisi ini yang sering menjadi penyebab kematian penderita corona berat.

"Kalau aliran darah ke otak kental maka terjadi penyumbatan. Dengan demikian, suplai darah terganggu atau berkurang dari seharusnya. Lantaran suplai darah berkurang, maka oksigen dan zat glukosa yang dialirkan ke otak juga berkurang," terangnya.

Dikatakan Aldy, gangguan secara umum virus corona pada otak akan berdampak terhadap fungsi otak. Tapi, jika menimbulkan gangguan pada satu pembuluh darah tertentu sehingga terjadi penyumbatan maka bisa stroke.

Selain itu, bisa berdampak atau menimbulkan gangguan pada organ lain seperti sakit pinggang dan nyeri otot. Namun, pada sistem saraf yang perlu jadi perhatian dan diawasi adalah gangguan pada otak karena dampaknya sangat besar yaitu bisa stroke.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved