Breaking News:

Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Upaya Intervensi Atmosfir untuk Menjatuhkan Hujan

TMC itu bu­kan kegiatan membuat hujan tapi upaya memperbanyak dan mempercepat terjadinya hujan.

Editor: Salman Rasyidin
Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Upaya Intervensi Atmosfir untuk Menjatuhkan Hujan
ist
DR. Asep Karsidi, Msc

Oleh: DR. Asep Karsidi, Msc

Pemerhati Geospasial dan Lingkungan Kepala UPT Hujan Buatan BPPT,  2004-2007

Apa Teknologi Modifikasi Cuaca itu?

Tenologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau sebelumnya dikenal dengan istilah Hujan Buatan a­da­lah u­­paya manusia melalui kemampuan IPTEKnya dalam mengintervensi proses pem­ben­tuk­an hujan agar hujan menjadi lebih cepat terbentuk dan curah hujannya besar.

TMC itu bu­kan kegiatan membuat hujan tapi upaya memperbanyak dan mempercepat terjadinya hujan.

O­leh karena itu is­tilah Hujan Buatan tidak tepat karena pada kenyataanya hujan yang tejadi su­lit untuk dibedakan antara hujan alam dengan hujan hasil TMC.

Untuk membedanya dapat di­­la­kukan melalui pe­ng­a­matan pada proses pembentukan hujan saat operasi dilakukan, di­du­kung dengan metode evaluasi la­innya.

Efektifitas TMC teruji dari ketepatan dan kecermatan da­­lam inetervesi pada proses pembentukan hujan yang bergantung dari kondisi atmosfir saat ope­rasi dilakukan.

Secara alami, proses pembentukan hujan akan berlangsung, apabila terpenuhi tiga syarat u­ta­ma yakni, ada Energy pengangkatan, ada bahan berupa massa udara basah untuk berubah men­­jadi bu­tir air dan yang ketiga harus ada inti kondensasi di atmosfir tempat dimana pro­ses kondensasi itu berlangsung.

Di alam inti kondensasi ini telah tersedia berupa partikel ha­lus seperti partikel ga­­ram hasil pengupan dari laut atau proses lainya dari daratan.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved