Breaking News:

Wabup OKI Mundur dari Demokrat

Djakfar Shodiq Wabup OKI Mundur dari Partai Demokrat, KPU OKI: Partai Pengusung Hanya Syarat

"Jadi dalam hal pencalonan tidak disyaratkan yang bersangkutan anggota parpol ataupun pengurus parpol," kata Ketua KPU OKI.

Editor: Refly Permana
istimewa
Poster Bupati dan Wakil Bupati OKI. Kabar terbaru, Wakil Bupati mundur dari Partai Demokrat yang mengusungnya saat mencalonkan diri jadi Wakil Bupati OKI. 

Penulis: Nando

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - HM Djakfar Shodiq yang merupakan Wabup OKI mundur dari Partai Demokrat.

Sesuai isi surat yang ditandatangani yang langsung di atas materai Rp 10.000 pada 22 Februari 2021 lalu.

Lantas, bagaimana statusnya sebagai Wakil Bupati OKI mengingat saat mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati OKI Djakfar diusung oleh partai tersebut.

Ketua KPU OKI, Deri Siswadi MSi, menegaskan pengunduran diri Wabup OKI dari Partai Demokrat tidak mempengaruhi statusnya sebagai Wakil Bupati OKI.

"Tidak mempengaruhi status beliau dari jabatannya Wakil Bupati. Urusan partai merupakan urusan pribadi dan hak politik dari yang bersangkutan," jelasnya saat ditemui langsung diruangannya, Senin (21/6/2021) siang.

BREAKING NEWS: Wakil Bupati OKI Djakfar Shodiq Mengundurkan Diri dari Partai Demokrat, Ini Alasannya

Dikatakan Deri, di saat kontestasi pemilihan kepala daerah ditahun 2018 lalu, partai pengusung hanya merupakan syarat pencalonan, dimana setiap pasangan calon diwajibkan memenuhi 9 kursi DPRD yang ada.

"Jadi dalam hal pencalonan tidak disyaratkan yang bersangkutan anggota parpol ataupun pengurus parpol," kata dia.

"Dengan pengunduran diri beliau dari Partai Demokrat maka tidak ada kewenangan kita untuk mengugurkan dari jabatan wakil bupati," imbuhnya.

Mundurnya Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir dari Partai Demokrat mengejutkan jajaran pengurus Partai Demokrat di Sumatera Selatan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved