Breaking News:

Palembang Emas

Optimalkan RTH di Palembang, Mulai Median Jalan Hingga TPU

Masih belum maksimalnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Palembang, membuat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Palembang

Penulis: Rahmaliyah | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Kepala Dinas PRKP Kota Palembang Ir H M Affan Prapanca 

 Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU. COM, PALEMBANG -- Masih belum maksimalnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Palembang, membuat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Palembang akan mengoptimalkan median Jalan hingga Taman Pemakaman Umum menjadi lokasi baru RTH. 

Kepala Dinas PRKP Kota Palembang Ir H M Affan Prapanca mengatakan, pengembangan dan penambahan RTH akan terus dilakukan di sejumlah lokasi yang memiliki ruang untuk ditanami pohon seperti di sepanjang Jalan Demang Lebar Daun, Jl Soekarno Hatta, Jl Alamsyah Ratu Prawiranegara, dan Jl Noerdin Panji. 

Ziarah Makam Ki Ageng Gribig, Airlangga Lestarikan Budaya Leluhur

Download Aplikasi GIWANG, Pariwisata Sumsel Dalam Genggaman, HD Launching Aplikasi GIWANG

"Program pengembangan terus kami lakukan, sekarang fokus di area yang bisa kita amankan seperti di median jalan dan bahu jalan. Masih banyak lokasi-lokasi yang bisa kita tanami pohon, " ujarnya, Minggu (20/6/2021).

Dikatakan Affan, selain median Jalan lokasi TPU seperti TPU Gandus berpotensi sebagai RTH baru, dengan luasan mencapai lima hektar.

Selama Ini Dianggap Sepele, Hati-hati Bisa Kehilangan Pahala Jika Berbuat Hal Ini Saat Khutbah Jumat

BREAKING NEWS : Satres Narkoba dan Brimob Kembali Grebek Kampung Narkoba di Tangga Buntung Palembang

"Ya bukan hanya di median Jalan, TPU juga akan kita tanami dengan pohon-pohon agar menciptakan RTH baru untuk di Kota Palembang," katanya. 

Ini dikarenakan, jelas Affan, persentase untuk RTH di Palembang masih baru 11,7 persen.

Sementara itu, jika sesuai amanat Undang-Undang Pemerintah Kota bertanggung jawab membuat RTH sebanyak 20 persen dari luasan Kota dan 10 persen dibantu oleh swasta sehingga totalnya 30 persen dari luasan Kota.

"Urusan RTH sudah diatur dalam ragam aturan mulai dari dalam Pasal 29 ayat 2, UU No 26/2007 tentang Penataan Ruang disebutkan proporsi ruang terbuka hijau di wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah," katanya.

Dalam waktu dekat, Dinas PRKP berencana membuat taman baru sebagai RTH di persimpangan Jalan MP Mangkunegara menuju Sako. (Yak) 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved