Breaking News:

Lonjakan Kasus Covid

'KAMI Sudah Kewalahan,' Pasien Covid Terus Berdatangan ke Rumah Sakit: Puluhan Ribu Per Hari

Pada 15 Juni, kasus berada pada 8.000. Namun pada 19 Juni meningkat hingga 12.000 kasus per harinya.

Editor: Wiedarto
AFP/thestraitstime
ILUSTRASI: Pasien Covid-19 bergejala berat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sempat ditolak sejumlah puskesmas dan rumah sakit karena ruang perawatan penuh. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Tren kenaikan angka kasus Covid-19 cukup siginifikan pada 15-19 Juni 2021. Pada 15 Juni, kasus berada pada 8.000. Namun pada 19 Juni meningkat hingga 12.000 kasus per harinya.

Hal ini membuat Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) mengakui jika rumah sakit-rumah sakit (RS) di Indonesia kewalahan menerima pasien Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persi Lia G Partakusuma di acara Kesiapan RS pada Lonjakan Covid-19 Gelombang Kedua di Indonesia secara daring, Minggu (20/6/2021).

"Sebetulnya rumah sakit itu menyediakan kapasitas untuk yang terpapar Covid-19, tapi ada keterbatasan kami yaitu ada daerah-daerah yang fasilitas kesehatannya sedikit dan kasusnya banyak, sehingga kami mulai kewalahan menerima pasien-pasien kasus Covid-19," papar Lia.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Meningkatnya kasus infeksi juga menyebabkan terbatasnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR).

Data Kementerian Kesehatan per 19 Juni, kata Lia, ada beberapa provinsi yang sudah jelas menunjukan angka BOR lebih dari 80 persen. Kemudian diikuti oleh Banten, Jawa Tengah, dan Yogyakarta menunjukan tingkat ketersediaan BOR-nya 60-80 persen.

"Jadi kalau kita masuk lagi ke dalam kota atau kabupaten ternyata banyak juga yang sudah memasuki zona merah atau BOR-nya berkisar antara 80-100 persen. Kita lihat di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, NTB, NTT, Maluku, Papua," ungkapnya lagi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kasus Covid-19 Meningkat, Persi Sebut Ketersediaan Tempat Tidur Menipis, Rumah Sakit Kewalahan,
Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Willem Jonata

Dan jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved