Breaking News:

Smartfren Uji Coba Tahap Dua Jaringan 5G Bersama Kominfo, Salah Satu Medianya Virtual Reality Game

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar pengujian 5G tahap kedua.

Editor: Refly Permana
istimewa
Smartfren dan Kominfo uji coba jaringan 5G tahap dua. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar pengujian 5G tahap kedua ditujukan untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru

Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba kali ini memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game, dan augmented reality (AR).

Mulyadi ST MT selaku Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo mengatakan uji coba ini untuk melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga bisa mereview merencanakan kembali bagaimana frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan. 

Jangan Kaget Lihat Logo Baru Telkomsel yang Memang Berganti Identitas: Tak Lagi Sekedar Merah Putih

"Untuk melihat efektivitas penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G, pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan di layanan 5G.” ujaenya disela uji coba, Jumat (18/6/2021). 

Merza Fachys, President Director Smartfren mengatakan kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. 

"Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas," kata Merza.

Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar," ujarnya. 

Uji coba tahap pertama dilakukan 2019 lalu menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat.

Mengenal Jerinx, Pemusik & Aktivis Penuh Kontroversi, Terakhir Kritisi Postingan BCL Terpapar Covid

Pengujian tersebut memperlihatkan kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai.

Pengujian tersebut diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone.

Penulis: Hartati
 

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved