Breaking News:

Profil Ebrahim Raisi yang Kian Dekat Jadi Presiden Iran, Punya Peran Eksekusi Massal Tahanan Politik

Sebelum pilpres Iran digelar, banyak yang memprediksi Raisi akan memenangi kontestasi karena didukung Pemimpin Tertinggi Iran

Penulis: fadhila rahma | Editor: Refly Permana
(AP PHOTO/EBRAHIM NOROOZI)
Calon presiden Iran Ebrahim Raisi melambai ke media setelah memberikan suaranya di tempat pemungutan suara di Teheran, Iran, Jumat (18/6/2021). Iran menggelar pemungutan suara dalam pemilihan presiden pada Jumat. 

SRIPOKU.COM - Ebrahim Raisi unggul dalam penghitungan suara pemilihan presiden Iran.

Kabar tersebut disampaikan seorang pejabat Iran yang disiarkan televisi pada Sabtu (19/6/2021), berselang sehari setelah pemungutan suara digelar pada Jumat (18/6/2021).

Melansir Tribunnews dari Reuters, sejauh ini Raisi mendulang 17,8 juta suara.

Di sisi lain, lebih dari 28 juta warga Iran dari 59 juta pemilih yang memenuhi syarat telah memberikan suaranya.

Raisi merupakan seorang hakim sekaligus ulama Syiah garis keras berusia 60 tahun. Dia dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat (AS) atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Sebelum pilpres Iran digelar, banyak yang memprediksi Raisi akan memenangi kontestasi karena didukung Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

DIBOMBARDIR SIANG Malam, HAMAS Tetap Ganas, Tembakkan 3.000 Roket ke Israel: Semua Dipasok Iran

Sebelum pemerintah Iran memberikan pengumuman resmi pemenang pilpres, salah satu saingan Raisi, Abdolnasser Hemmati, mengucapkan selamat kepadanya.

"Saya berharap pemerintahan Anda, di bawah kepemimpinan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, akan membuat Republik Iran bangga,” tulis Hemmati dalam suratnya.

Dia menambahkam semoga pemerintahan Raisi mampu meningkatkan mata pencaharian rakyat Iran dan memastikan kesejahteraan bangsa.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Presiden Iran Hassan Rouhani yang akan lengser memberi selamat kepada presiden pilihan rakyat, tanpa menyebutkan nama.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved