Breaking News:

Diluncurkannya 5G, Menuju Layanan Optimal Dalam Dunia Komunikasi  

Perkembangan tehnologi komunikasi seperti berpacu dengan waktu untuk memenuhi harapan pengguna yang optimal.

Editor: Salman Rasyidin
(Dok. SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi jaringan 5G 

SRIPOKU.COM—Perkembangan tehnologi komunikasi seperti berpacu dengan waktu untuk memenuhi harapan pengguna yang optimal.

User-pun juga ikut terpacu untuk menyesuaikannya agar tidak tertinggal dengan sarana komunikasi sebagai penunjang gerak langkah apapun bentuk  aktiitas.

Seperti dilansir Kompas.com bahwa upaya operator Telkomsel menancapkan bendera pertama pada 27 Mei 2021, sebagai penyelenggara layanan generasi kelima (5G) sangat patut diacungi jempol walau dengan kelengkapan yang belum maksimal.

Tidak ada satu pun operator telko Tanah Air yang bisa menyamainya.

Indosat sekalipun, meski anggota Grup Ooredoo Qatar itu sudah sempat mengumumkan rencana untuk menjadi operator 5G pertama.

Indosat sendiri baru mengajukan permohonan mendapat SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi) 5G pada 3 atau 4 Juni lalu. Juga Smartfren, yang sama-sama memiliki spektrum 2300 MHz seperti Telkomsel.

Bisa dimaklumi Telkomsel belum maksimal, karena baru bisa menggunakan rentang 30 MHz di spektrum 2300 MHz miliknya, karena yang 20 MHz hasil menang lelang secara adminsitratif belum dikuasainya.

Pemilikan spektrum selebar 50 MHz belumlah optimal untuk membuka layanan 5G, sehingga target 100X kecepatan 4G LTE, up to 10 Gbps sulit tercapai.

Kita pun bisa maklum kalau capaian dari uji coba di beberapa tempat “hanya” 600 Mbps dan nyaris 800 Mbps.

Juga latensi (waktu yang dibutuhkan dari asal sampai tujuan) belum sampai satu milidetik, tapi sudah jauh dari lima milidetik seperti dicapai 4G.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved