Kartu Kredit Tawarkan Kemudahan Sekaligus Bisa Bikin Pusing, Ini Kiat Untuk Pemilik Kartu Kredit

Kartu kredit juga bagai pisau bermata dua. Jika tak bijak menggunakannya, kartu kredit ini juga bisa membuat Anda pusing.

Editor: Azwir Ahmad
Jawaban.com
Ilustrasi kartu kredit 

SRIPOKU.COM - Bagi Anda yang suka kepraktisan dalam bertransaksi, tentunya tidak asing dengan kartu kredit.

Dengan alat pembayaran non-tunai ini aktivitas belanja menjadi lebih mudah.

Akan tetapi kartu kredit juga bagai pisau bermata dua. Jika tak bijak menggunakannya, kartu kredit ini juga bisa membuat Anda pusing.

Agar tak membuat pusing kepala, ada empat hal yang wajib diketahui pemilik kartu kredit.

Dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, empat hal itu yakni perlu diketahui itu adalah:

Tanggal Cetak Tagihan

Tanggal cetak tagihan adalah tanggal dicetaknya lembar tagihan. Tanggal ini penting diketahui untuk merencanakan transaksi yang Anda ingin tagihkan pada bulan tertentu.

Contohnya, jika tagihan bulanan Anda dicetak setiap tanggal 8, maka transaksi terakhir yang akan masuk pada bulan tagihan tersebut adalah tanggal 7.

Sementara itu, jika Anda ingin agar transaksi ditagihkan pada bulan selanjutnya, lakukan transaksi setelah tanggal 8.

Tagihan Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo adalah tanggal terakhir Anda harus melakukan pembayaran tagihan.

Untuk menghindari beban bunga dan denda keterlambatan pada pemakaian kartu kredit, lakukanlah pembayaran secara penuh sesuai tagihan dan sebelum jatuh tempo.

Apabila Anda melakukan pembayaran melalui bank lain selain bank penerbit kartu kredit Anda, sebaiknya Anda menanyakan perkiraan waktu transaksi yang diperlukan agar pembayaran tercatat, sebab terdapat beberapa bank yang memerlukan waktu 1-2 hari untuk menyelesaikan pencatatan tersebut.

Jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka tagihan Anda akan dikenakan bunga yang besarnya ditentukan oleh masing-masing penerbit kartu kredit. Kapan Anda melakukan transaksi Tanggal transaksi adalah tanggal dilakukan transaksi, baik pembelanjaan, penarikan tunai, atau transaksi lainnya.

Mengetahui tanggal transaksi adalah penting untuk Anda pantau guna menghindarinya terjadi transaksi yang tidak sesuai. Jumlah minimal yang harus Anda bayar Jumlah pembayaran yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit untuk menutupi tagihan bulan sebelumnya dapat dilakukan secara penuh atau minimum 10 persen dari total jumlah tagihan bulan berjalan atau sebesar jumlah tertentu. Pada beberapa jenis kartu kredit, Anda juga bisa mengubah status kredit Anda supaya menjadi cicilan dengan bunga yang lebih ringan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Empat Hal yang Wajib Diketahui Pemilik Kartu Kredit", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/06/13/130000026/ini-empat-hal-yang-wajib-diketahui-pemilik-kartu-kredit.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved