Breaking News:

Biaya Pendidikan Bintara Polri Muara Enim Ditanggung Pemkab, Siapkan Dana Hampir Rp 1 Milyar 

Dalam virtual bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri S MM tersebut, didampingi Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: bodok
SRIPOKU.COM/ARI
Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar melakukan MoU yang disaksikan oleh Kapolres Muara Enim AKBP Danny A Sianipar SIk, terkait dukungan penerimaan Bintara Polri Polda Sumsel secara virtual dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM, Senin (7/6/2021). 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM --- Sebagai bentuk dukungan penuh terhadap Memorandum of Understanding (MoU) atau Penandatanganan Nota Kesepahaman  terkait penambahan penerimaan kuota Bintara Polri Polda Sumatera Selatan (Sumsel), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, dianggarkan dana hampir Rp 1 miliar untuk 17 calon Bintara Polri.

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar (HNU) usai melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman terkait penerimaan Bintara Polri Polda Sumsel dengan 17 Kabupaten/Kota Se-Sumsel secara virtual dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM, Senin (7/6/2021).

Menko Airlangga Optimis Ekonomi Tumbuh 7-8 Persen pada Kuartal II

Dalam virtual bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri S MM tersebut, didampingi Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar dan Wabup Banyuasin H Slamet Somosentono SH dan pejabat terkait bersama beberapa Polres di Sumsel di ruang Posko Presisi Polda Sumsel.

Sedangkan dari Kabupaten Muara Enim dihadiri langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar didampingi Kapolres Muara Enim AKBP Danny A Sianipar SIk, Kakan Kesbang Andi Wijaya dan pejabat terkait lainya, baik dari Polres Muara Enim maupun dari Pemkab Muara Enim diruang Rupatama Polres Muara Enim.

Kapolda Sumsel BKO-kan 49 Personil Berhasil Tekan Covid -19

Menurut H Nasrun Umar mengatakan, bahwa MoU antara Kapolda Sumsel dengan beberapa kepala daerah di Sumsel tersebut adalah dalam rangka Pemda membiayai sekolah para calon Bintara terutama yang berasal dari Kabupaten Muara Enim yang akan dibuka pendidikannya pada tanggal 26 Juni 2021.

Ini sebenarnya dalam rangka mengantisipasi ratio ketersediaan para aparat penegak hukum dalam hal ini Kepolisian dengan jumlah penduduk Kabupaten Muara Enim.

Dan kita sangat menyambut baik program ini karena majunyo suatu daerah tersebut banyak ditentukan oleh stabilitas keamanan yang dalam hal ini tentu oleh TNI/Polri yang akan berada digarda terdepan dalam mengkondusifkan stabilitas keamanan.

Untuk prosedur penerimaan nanti, lanjut HNU, tentu akan dilakukan secara umum oleh Polda Sumsel.

Namun daerah mungkin hanya memberikan masukan kepada Polda Sumsel seperti didalam penerimaan tersebut minimal untuk 17 calon Bintara nanti adalah benar-benar berasal dari putra/putri terbaik dari Kabupaten Muara Enim.

Dan kita dukung penuh MoU ini, yang akan ditindaklanjuti dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh masing-masing Kepala Daerah.

Ditambahkan Kakan Kesbang Pol Muara Enim Andi Wijaya dalam program ini, Pemkab Muara Enim akan menyiapkan dana melalui APBD sebesar Rp 971.992.000 untuk 17 calon Bintara atau Rp 57.176.000 juta perorang yang akan digunakan selama pendidikan.

Hal senada diungkapkan oleh Bupati OI Panca Wijaya Akbar dan Wabup Banyuasin H Slamet bahwa pihaknya berharap dengan adanya penambahan bintara ini  dengan melalui MoU tersebut, akan didapat putra/putri terbaik dari masing-masing daerah sehingga bisa mengabdi di daerah masing-masing.

Jika komitmen ini terus dilakukan, ia siap mensupport program ini kedepan.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM menyampaikan, ucapan terimakasih kepada pemerintah kabupaten/kota Provinsi Sumatera Selatan termasuk Pemkab Muara Enim yang telah memberikan kontribusi terkait kemajuan institusi Polri, dirinya pastikan bahwa dalam proses penerimaan anggota bintara Polri nantinya menggunakan azas BETAH yaitu, Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

Tak hanya itu, Clean and clear, dimana sejak dari pendaftaran, tahapan tes, hingga pelaksanaan pendidikan, dengan harapan terwujudnya Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan). (ari)

Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar dan Kapolres Muara Enim AKBP Danny A Sianipar SIk dan jajaran mengikuti rapat virtual dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM, terkait dukungan penerimaan Bintara Polri Polda Sumsel, Senin (7/6/2021)
Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar dan Kapolres Muara Enim AKBP Danny A Sianipar SIk dan jajaran mengikuti rapat virtual dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM, terkait dukungan penerimaan Bintara Polri Polda Sumsel, Senin (7/6/2021) (SRIPOKU.COM/ARI)
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved