Breaking News:

Sumsel Siap Jadi Lumbung Daging Domba, Ketua DPD HA IPB Terpilih & Tim Gandeng Berbagai Pihak

Para alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Alumni (HA) IPB siap menjadikan Sumatera Selatan

Hangout
Ketua DPD HA IPB terpilih, Tabroni didamping Sekjen HA IPB, Tulus Santoso saat dilantik oleh DPP HA IPB, Minggu (6/6/2021) 

SRIPOKU.COM -- Para alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Alumni (HA) IPB siap menjadikan Sumatera Selatan sebagai lumbung daging domba.

Pemilihan pengembangan peternakan domba ini dilakukan karena memiliki peluang yang lebih menjanjikan dibandingkan yang lainnya.

Untuk merealisasikan program ini, pihaknya bekerja dengan berbagai pihak mulai dari Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari (KPICB), Bank Sumsel Babel sebagai penyedia dana, dan para alumni IPB sebagai tenaga ahlinya, pembuat pakan, pengawas, dan konsultan masalah peternakannya.

"Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan salah satu program kerja kami ini, pada tahap awal peternakan domba akan dimulai di tiga daerah di Lahat, Empat Lawang dan OKI," ujar Tabroni, Ketua DPD HA IPB.

Baca juga: Daftar 7 Tanaman Hias yang Cocok untuk Percantik Teras Rumah, Nomor 4 dan 5 Sangat Familiar

Baca juga: Pertamina Portal Akses Masuk Komperta di Talang Ubi, Sering Dilintasi Warga untuk ke Pasar Pendopo

Baca juga: Lokasi Krematorium Yayasan Karuna Ganesha Paelmbang yang Tidak Pungut Biaya, Catat Nomor Kontaknya

Tabroni mengatakan setiap daerah ini akan mendapatkan 2500 ekor domba jenis ekor tipis yang akan didatangkan dari Pulau Jawa, namun saat ini pihaknya masih menunggu BI Checking pencairan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kami berharap organisasi ini tidak hanya nama, tetapi bisa bermanfaat untuk orang banyak, dan program unggulan kami festival buah yang menjadi ikon kami tetap akan dilaksanakan pada tahun ini," ujarnya.

Tak hanya masalah pertanian, alumni IPB ini juga aktif melakukan aksi sosial untuk membantu masyarakat, mulai dari donor darah, pembagian sembako, dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

"Sebagai Ketua DPD HAM IPB terpilih saya akan melanjutkan apa yang sudah baik selama ini dan juga akan melanjutkan program yang belum sempat direalisasikan," ujarnya

Ditambahkan Sekjen DPD HA IPB, Tulus Santoso, pemilihan peternakan domba ini dilakukan mengingat masa panen hewan ternak ini cukup singkat. "Selama 50 hari domba ini sudah bisa dipanen, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan di Sumsel dan jika memang stoknya lebih kami akan mengekspor daging domba ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPD HA IPB, Kayyum mengatakan para pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Sumatera Selatan periode 2020-2024 resmi dikukuhkan dan dilantik oleh pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HA IPB, Selasa (10/03/2020).

Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved