Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI belum Tiba tapi Ada Lomba Bidar di Sungai Ogan Kampung Bahari Palembang, Ada Apa

Warga di sekitaran Sungai Ogan di Kampung Bahari Palembang berduyun-duyun menyaksikan perlombaan bidar mini yang digelar Minggu (6/6/2021).

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Refly Permana
sripoku.com/odi
Para peserta tampak tengah berlomba perahu bidar mini di Sungai Ogan 15 Ulu Palembang,  Minggu (6/6/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com,  Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Lomba bidar mini identik dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Namun, di saat hari besar rakyat Indonesia itu masih sekitar satu setengah bulan lagi, warga di sekitaran Sungai Ogan di Kampung Bahari Palembang sudah menyaksikan lomba bidar mini yang digelar Minggu (6/6/2021).

Ternyata, lomba tersebut digelar oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang.

Pertamina Portal Akses Masuk Komperta di Talang Ubi, Sering Dilintasi Warga untuk ke Pasar Pendopo

Meski di bawah terik matahari, puluhan masyarakat di Jalan Pangeran Ratu, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Jakabaring tampak antusias menyaksikan perlombaan perahu bidar mini tersebut.

Dengan membawa payung dan peralatan penutup kepala ala kadarnya, masyarakat Kota Pempek tampak sangat menikmati lomba yang diikuti 40 perahu bidar mini masing-masing berisi lima orang pendayung tersebut. 

Danlanal Palembang, Kolonel Laut (P) Filda Malari SE CTMP, mengatakan lomba perahu bidar mini Danlanal Cup I merupakan bagian program dari Lanal Palembang untuk membentuk kampung bahari nusantara di sungai Ogan untuk meningkatkan potensi maritim di Palembang. 

Lomba perahu bidar mini ini bagian program pariwisata di perairan yang dicanangkan bapak Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksanakan Yudo Margono. Karena lomba perahu bidar mini ini bisa dikembangkan menjadi potensi wisata bahari di kota Palembang.

"Lomba perahu bidar mini ini merupakan potensi wisata bahari, bisa dilihat antusis masyarakat sangat luar biasa untuk menyaksikan," katanya. 

Lokasi Krematorium Yayasan Karuna Ganesha Paelmbang yang Tidak Pungut Biaya, Catat Nomor Kontaknya

Dijelaskannya, lomba perahu bidar mini ini juga untuk mengangkat budaya dan olahraga dayung perahu bidar mini di kota Palembang, serta mencari bibit muda yang berkat untuk menjadi atlet dayung tingkat nasional.

Rencananya lomba perahu bidar mini ini akan diselenggarakan per triwulan.

"Karena masih dalam masa pandemi kita tekankan kepada seluruh peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Karena lokasi lomba di areal terbuka di pinggir sungai memungkinkan baik peserta mau penonton tidak menimbulkan kerumunan," jelas Filda,  

Sementara itu, Tokoh Masyarakat 15 Ulu, Toyib Akib yang juga penggagas perahu bidar mini berpesan kepada peserta untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam berlomba jangan berlaku curang dan tidak menimbulkan keributan jika kalah dalam berlomba. 

Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, Berikut Prosedur Lengkap Pengembalian Setoran Pelunasan Ibadah Haji

"Kita berlomba mau mencari saudara bukan permusuhan. Jadi berlombalah dengan sportif, menang terhormat kalah pun terhormat. Karena ini hanya sebuah perlombaan," tegas pria yang akrab disapa Abah Toyib ini.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved