Breaking News:

'Niduke Tujuh Jando di Rumah Baru', Salah Satu Tradisi Unik Warga Palembang yang Hampir Terlupakan

Menurut Vebri tradisi Niduke Tujuh Jando di Rumah Baru ini masih ada yang melakukan tradisi ini, seperti di daerah Tangga Buntung, atau Seberang Ulu. 

SRIPOKU.COM/MAYA CITRA ROSA
Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn cerita soal tradisi Niduke Tujuh Jando di Rumah Baru 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ada satu tradisi Palembang yang unik namun sudah jarang dikenal masyarakat bahkan hampir terlupakan, tradisi itu bernama Nedokke 7 Jando di Rumah Baru atau Niduke Tujuh Jando di Rumah Baru.

Atau dalam bahasa Indonesia, tradisi ini artinya Mengumpulkan 7 Janda di Rumah Baru.

Tradisi ini sudah ada sejak zaman dahulu, dimana saat seseorang akan pindah ke rumah baru, sebanyak 7 orang janda diminta untuk tinggal atau tidur di rumah baru tersebut.

Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH MKn mengatakan dari bahasa tradisi ini terlihat negatif.

Padahal tujuannya cukup positif karena mengumpulkan 7 janda tersebut untuk diberikan santunan dan kebutuhan yang selama ini kekurangan untuk menghidupi anak-anaknya.

“Tradisi itu tidak ada lagi. Biasanya sekarang yasinan kalau mau pindah rumah baru di Palembang. Kalau mau dihidupkan lagi tradisi ini cukup bagus untuk menyantuni janda-janda yang memiliki anak yatim,” ujarnya, Kamis (3/6/2021).

Tidak hanya itu, janda-janda yang dipilih juga mereka yang sudah haji, bisa mengaji, mampu memberikan nasihat dan saran kepada pemilik rumah.

Selama 7 hari mereka akan tidur di rumah baru tersebut, yang sehari-harinya mengaji dan mendoakan agar rumah baru dan keluarga pemilik rumah diberikan perlindungan Allah SWT.

“Janda-janda ini mengaji dan membantu tuan rumah, tidurnya terpisah dan tidak bergabung dengan tuan rumah. Jadi bukan hal yang negatif dan biasa janda-janda ini tinggal di rumah baru itu selama seminggu,” ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: maya citra rosa
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved