Breaking News:

Di Pagaralam Sejumlah Trotoar Jadi Tempat Parkir Truk, Pejalan Kaki Terpaksa 'Mengalah' Dibuatnya

"Mereka memarkirkan mobilnya sampai menutup semua bagian trotoar. Jadi kita sebagai pejalan kaki terpaksa harus menggunakan badan jalan untuk berjalan

Penulis: Wawan Septiawan | Editor: Refly Permana
sripoku.com/wawan
Tampak truk yang diparkir diatas fasilitas umum pejalan kaki yaitu trotoar. Kondisi ini terjadi di Kota Pagaralam yang menjadi trotoar menjadi tempat parkir. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Trotoar merupakan salah satu fasilitas yang dibuat pemerintah untuk pejalan kaki.

Namun, hal berbeda terjadi di Kota Pagaralam, dimana trotoar jadi tempat parkir kendaraan.

Kondisi ini terjadi hampir di sepanjang jalan Gunung Kota Pagaralam.

Di trotoar yang ada banyak kendaraan yang parkir, bahkan bukan hanya parkir sebentar saja namun dijadikan garasi mobil karena kendaraan selalu saja parkir di trotoar.

Pantauan sripoku.com Rabu (2/6/2021), parahnya bukan saja kendaraan roda empat pribadi yang diparkirkan di trotoar, ada juga kendaraan dengan tonase tinggi seperti truk pengangkut sampai truk sampah.

Maman (49), salah satu pejalan kaki, mengatakan dirinya mungkin salah satu warga Pagaralam yang merasa terganggu dengan adanya kendaraan yang parkir diatas trotoar.

"Ini kan dibuat untuk pejalan kaki bukan untuk tempat parkir mobil. Tapi nyatanya mobil banyak parkir ditrotoar jadi kami pejalan kaki merasa terganggu," ujarnya.

Parahnya lagi pemilik kendaraan mamarkirkan kendaraannya dengan menutup semua bagian trotoar hingga pejalan kaki harus turun ke jalan saat melintas dikawasan tersebut.

Pengendara Motor Terpental di Tanjung Batu Ogan Ilir Usai Hindari Lubang, Kata Warga: Sudah Sering

"Mereka memarkirkan mobilnya sampai menutup semua bagian trotoar. Jadi kita sebagai pejalan kaki terpaksa harus menggunakan badan jalan untuk berjalan.

Ini harus ditindak tegas karena trotoar merupakan hak pejalan kaki," katanya.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Pagaralam, Novi Endri mengatakan, pihaknya akan melakukan penertiban bersama Satlantas Polres Pagaralam. 

"Kita akan menindaklanjuti hal ini dengan berkoordi bersama Satlantas Polres Pagaralam.

Kita akan melakukan tindakan tegas kepada pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraannya diatas trotoar tersebut," tegasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved