Breaking News:

Upaya-Upaya Penanggulangan Kebakaran Hutan

Berbagai bentuk strategy dan usaha yang dilakukan oleh sebuah Unit Usaha untuk melakukan Pencegahan terjadinya kebakaran baik terhadap Hutan

ist
Ilustrasi Penanggulangan Kebakaran Hutan 

Oleh: Suhendri

Plantation Operation Spesialist Di Sumsel

Berbagai bentuk strategy-strategy dan usaha yang dilakukan oleh sebuah Unit Usaha untuk melakukan Pencegahan terjadinya kebakaran baik terhadap Hutan maupun Lahan.

Dimulai dari proses produksi sampai ke lingkungan sekitar areal produksi unit usaha tersebut.

Pada dasarnya semua aktivitas yang dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya ke­bakaran hutan dimulai dari Operational internal.

Termasuk pembuatan peta kerawanan ke­bakaran sampai dengan pengembangan sistim informasi kebakaran hutan serta kesiapan tim Alat dan Strategy satgas Damkarhutla.

Hal itu untuk memadamkan api di area yang terbakar khususnya di area gambut. dan dilanjutkan dengan eksternal perusahaan yang dimulai dari berkoordinasi, penyadartahuan melalui penyuluhan, deteksi dini bahaya api.

Proses dan strategy ini sangatlah penting untuk selalu menjadi perhatian utama dari suatu unit usaha mengingat bahwa pengaturan perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut sudah diatur sedemikian rupa.

Sehingga, di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 71 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut.

Diharapkan apa yang telah ditulis di dalam peraturan ini sudah melalui kajian yang secara empiric telah diuji oleh pihak intitusi yang berwenang.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved