Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Jejak 'Indonesia' dan KH Ahmad Dahlan di Thailand (1): Melatih Pasukan dan Merawat Tanaman Kerajaan

Terdapat Kitab suci Al Quran tertua asal Indonesia masih tersimpan dengan baik di museum Ahmadiyah Islamiyah

Editor: Soegeng Haryadi
Jejak 'Indonesia' dan KH Ahmad Dahlan di Thailand (1): Melatih Pasukan dan Merawat Tanaman Kerajaan
ISTIMEWA
Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman

DUTA Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman menceritakan tentang sejarah jejak masyarakat Jawa dan KH Ahmad Dahlan di Thailand.

Ia juga menceritakan hubungan erat Indonesia dan Thailand sudah terjalin sejak zaman kerajaan di masa lalu. Misalnya, terdapat Kitab suci Al Quran tertua asal Indonesia masih tersimpan dengan baik di museum Ahmadiyah Islamiyah, Provinsi Narathiwat, Thailand.

Hal tersebut diungkapkannya dalam wawancara eksklusif, "Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan KH Ahmad Dahlan".

Acara dipandu Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dengan dimoderatori Manajer Pemberitaan Tribun Network Rachmat Hidayat. Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana perkembangan hubungan Indonesia dengan Thailand?
Kalau dalam konteks hubungan Indonesia dan Thailand sebagai bangsa. Ini memang sudah terjalin jauh sebelum Indonesia merdeka.

Itu dengan adanya berbagai hubungan-hubungan dari kerajaan-kerajaan yang ada Indonesia di masa lalu.

Dapat diketahui dari seputar-seputar dan istilah-istilah. Indonesia pada masa lalu dikenal dengan istilah, misal Sriwijaya dengan Sriwichai.

Berbagai artefak-artefak khususnya di dalam konteks ini adalah yang berhubungan dengan agama Islam di situ ada juga Qur'an dalam bahasa Jawa yang ada di Thailand Selatan itu sudah sekitar tahun 1600an sudah ada di sana.

Jadi ini memperlihatkan suatu hubungan-hubungan yang erat antara Indonesia dan Thailand. Secara hubungan diplomatik resmi, kita hubungan Indonesia dan Thailand dimulai 7 Maret 1950. Tahun lalu kita merayakan hubungan diplomatik untuk 70 tahun.

Selama 70 tahun hubungan Indonesia-Thailand tidak ada persoalan-persoalan yang tidak diselesaikan dengan baik, dengan persaudaraan, dengan persahabatan.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved