Breaking News:

Mentan Kick Off Food Estate 'Petani Bela Negeri' Agrosolution Sumsel, 'Sumsel Bukan Provinsi Biasa'

Dalam pencanangan Food Estate ini, ada lima kabupaten yang ikut serta berkomitmen, yakni Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Oku Timur, OKU Selatan dan Oga

SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru, Kick Off Food Estate "Petani Bela Negeri" Agrosolution Sumatera Selatan, Jumat (28/5/2021). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kick Off Food Estate "Petani Bela Negeri" Agrosolution Sumatera Selatan resmi dimulai, Jumat (28/5/2021). 

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, langkah ini sebagai dasar paling utama untuk menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakat di masa depan. 

Ini juga sebagai bukti bahwa Sumsel bukanlah Provinsi yang biasa-biasa saja tapi sebuah provinsi yang menyokong kehidupan masyarakat di provinsi lainnya di Indonesia. 

Setidaknya, ada 6 provinsi di Indonesia, produktifitas yang akan menjaga ketahanan pangan. 

"Sumsel ini bukan Provinsi yang biasa, pertanian itu bukan hanya soal makan tapi juga lapangan kerja hingga memutar ekonomi dasar yang besar. Kalau desanya bagus maka provinsi dan Indonesia khususnya," katanya. 

Syahrul menegaskan, bahwa Indonesia memiliki basic ketahanan pangan yang kuat.

Indonesia menduduki peringkat ke 4 produsen beras terbesar di dunia.

Untuk mewujudkan lingkaran food estate, maka daerah dan provinsi harus bisa memiliki luasan di atas 1.000 hektare atau tingkat satu. 

"Kalau di bawah itu belum bisa food estate atau hanya food estate tingkat dua dan tiga. Peralatan juga harus siap, kalau gubernur setuju akan kita tanda tangani, food estate kita perbaiki dan yuk kita ekspor. Saya harap pencanangan bisa dilihatkan nanti di Agustus," katanya. 

Halaman
123
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved