Breaking News:

Berita Palembang

Tak ada Lagi Zona Merah, Semua Kecamatan di Palembang kini Statusnya di Oranye dan Kuning 

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan sebaran kasus Covid-19 di kecamatan mayoritas saat ini berada di zona oranye.

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Welly Hadinata
SRIPOKU.COM/ANTONI AGUSTINO
Ilustrasi Kota Palembang zona orange covid-19 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kota Palembang masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 31 Mei nanti.

Sejak sebulan terakhir kebijakan ini diterapkan, disebutkan bahwa ada penurunan kasus Covid-19. 

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan sebaran kasus Covid-19 di kecamatan mayoritas saat ini berada di zona oranye.

Ini setelah dilakukan perhitungan teori dari WHO dengan mengacu dari indikator kasus baru dibandingkan jumlah penduduk di masing kecamatan. Kemudian, adanya penurunan kasus dan angka kematian pasien. 

"Dari hasil perhitungan ini mayoritas Kecamatan di Palembang di zona orange. Tapi untuk status di BNPB memang belum ada update terbaru dan Palembang masih ditetapkan zona merah. Nah, kami masih menunggu update perhitungan data berikutnya," ujar Dewa, Rabu (26/5/2021)

Meski ada perbaikan, namun bukan berarti penerapan Prokes kemudian kendor. Apalagi, Kota Palembang masih menjalankan kebijakan PPKM dan Perwali yang mengatur soal cara adaptasi baru Prokes masih belum dicabut. 

Terkait keluhan para pengelola cafe atau angkringan kemarin, dirinya menegaskan tidak ada pilih kasih atau tebang pilih untuk melakukan pembubaran kerumunan maupun soal jam operasional yang dibolehkan. 

"Mau itu mall, cafe pun sama pukul 21.00 tidak ada toleransi harus tutup. Tetapi ini akan tetap dilakukan evaluasi, jika Kota Palembang jumlah penyebaran kasusnya melandai atau turun bisa saja pembatasan jam operasional ini ditiadakan. Namun, tentu masyarakat juga taat dengan Prokes," katanya

Sementara, Kasi pencegahan dan pengendalian penyakit menular Dinkes Kota Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan Untuk zona resiko secara keseluruhan  kota Palembang per 16 Mei dari situs  BNPB kota Palembang sampai sekarang masih masuk zona risiko tinggi (zona merah)

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved