Breaking News:

Perayaan Waisak Ditengah Pandemi, Wihara Dharmakirti Palembang Hanya Lakukan Kegiatan Ini

Perayaan Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021 pada, Rabu (26/5/2021) tetap dilaksanakan umat Buddha di Palembang dengan tetap mengedepankan Prokes 3M

Editor: adi kurniawan
Tribunsumsel.com/Arif
Suasana akan dinyalakan lilin pelita Waisak, di Wihara Dharmakirti Palembang 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Perayaan Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021 yang jatuh pada, Rabu (26/5/2021) tetap dilaksanakan umat Buddha di Palembang dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan, Mencuci tangan).

Pandita Wihara Dharmakirti Palembang Darwis Hidayat mengatakan, umat Buddha di Palembang diimbau untuk merayakan Waisak secara virtual atau beribadah di wihara masing-masing dengan jumlah terbatas.

Detik-detik Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021 yang mengangkat tema ‘Eling dan waspada membangun kepedulian sosial' itu jatuh pada 26 Mei 2021, pukul 18.30 WIB.

“Kalau di Wihara masih diperbolehkan mengadakan detik-detik Waisak, cuma umatnya dibatasi dan sebagian melalui virtual."

"Malah disarankan itu hanya diikuti para Bhikkhu, Pandeta karena di tengah-tengah pandemi seperti ini,” ujarnya. 

Meski dilaksanakan terbatas, Darwis berharap tidak mengurangi makna Waisak itu sendiri.

Tahun ini diakui Darwis sama seperti perayaan Waisak pada tahun 2020, dimana pandemi Covid-19 ini, menjadikan ekonomi masyarkat melemah dan sosial kehidupan masyarakat juga kurang baik.

Tetapi ia berharapn bagi mereka yang masih kuat (ekonomi) dan mampu bisa lebih ditingkatkn kepeduliannya muncul, dengan sifat gotong- royong saling membantu dan tetap waspada meskipun susah, dengan tetal berpegang pada agama dan keyakinannya masing- masing .

"Kita harapkan, bisa tetap tegar, kuat dan tetap meningkatkan kepedulian sosial, agar kita tetap bersama Indonesia membangkitkan ekonomi nasional, dan paling penting sekali kita berdoa semoga pandemik Covid-19 ini segera berakhir," tandasnya.

Diterangkan Darwis, dalam menyambut Waisak tahun 2021 pihaknya sejak dua minggu sebelumnya telah melakukan kegiatan- kegiatan yang sifatnya sosial.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved