Breaking News:

Berita Pagaralam

Warga Pagaralam tak Bisa Buat KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Akta Perkawinan, Ini Penyebabnya

Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan dan Pendaftaran Penduduk Dukcapil, Surono membenarkan hal tersebut. Bahkan kondisi ini sudah terjadi sejak awal Mei

Penulis: Wawan Septiawan | Editor: Sudarwan
.
Ilustrasi Kartu Keluarga 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Masyarakat Kota Pagaralam sejak 1 Mei 2021 kemarin tidak bisa mengurus dokumen kependudukan mulai dari Kartu Keluarga (KK) sampai semua surat Akta di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pagaralam

Kondisi ini disebabkan saat ini di Dukcapil Kota Pagaralam belum memiliki kepala dinas yang akan menandatangani semua dokumen kependudukan tersebut. Namun untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masih bisa dilayani.

Informasi yang dihimpun Sripoku.com, Senin (24/5/2021) menyebutkan, sejak adanya kendala tersebut kantor Dukcapil Pagaralam tampak sepi.

Hanya ada beberapa masyarakat saja yang tampak sedang mengurus KTP.

Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan dan Pendaftaran Penduduk Dukcapil, Surono membenarkan hal tersebut. Bahkan kondisi ini sudah terjadi sejak awal Mei 2021 kemarin.

"Ya kita saat ini belum bisa menerbitkan Kartu Keluarga dan dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Akta Perkawinan. Hal ini disebabkan saat ini kita belum memiliki kepala dinas," ujarnya.

Selian itu, kondisi ini juga disebabkan sampai saat ini belum ada pejabat yang ditunjuk untuk menjadi kepala dan untuk memberikan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang akan dicetak dalam dokumen kependudukan tersebut.

"Nanti jika pejabat kepala dinas sudah ditunjuk maka akan diajukan Tanda Tangan Elektroniknya ke pihak kementrian dalam negeri. Jika hal ini sudah disetujui maka kepengurusan dokumen tersebut akan kembali bisa dilakukan," katanya.

Akibat kondisi tersebut saat ini berkas di Dukcapil Pagaralam menumpuk dan belum bisa diproses.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Pagaralam, Marendra Oka Wijaya mengatakan, bahwa dalam waktu dekat inu untuk pejabat kepala dinas Dukcapil akan segera diisi. Namun masih akan diajukan ke pihak Kementrian dalam negeri.

"Saat ini pejabat sementara dipegang oleh Sekda Pagaralam. Namun untuk pejabat yang TTE nya akan didaftarkan masih diusulkan," jelasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved