Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Nanti Dikasih Nasi Bungkus, Lansia di Palembang Akhirnya Mau Divaksin Covid-19 di PTC Mall

"Takut saya Bu, seumur-umur tak pernah disuntik. Baru sekarang pertama kali disuntik," ujarnya.

SRIPOKU.COM / Rahmaliyah
Nenek Marhana sedang melakukan vaksinasi Covid-19 di PTC Mall, Jumat (21/5/2021) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk lansia kembali dilanjutkan. Tingkah lucu para lansia yang hendak divaksin terlihat saat pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Lansia di PTC Mall, Kota Palembang Jumat (21/5/2021).

Ada yang berani divaksin tapi ada juga yang ogah-ogahan karena takut dengan jarum suntik. Sampai-sampai petugas puskesmas yang ikut mendampingi para lansia itu menjanjikan akan diberikan nasi bungkus setelah divaksin

Ini terjadi pada Nenek Marhana, salah seorang lansia dari Pulokerto, Kecamatan Gandus. Ia didampingi oleh petugas Puskesmas Gandus saat vaksinasi di PTC Mall.

Marhana yang mengenakan jilbab hijau itu tampak gelisah usai dilakukan screening awal. Usut punya usut ternyata takut dengan jarum suntik. Setelah cukup lama dengan banyak rayuan termasuk akan dikasih nasi bungkus barulah nenek berusia 71 tahun itu mau disuntik.

"Takut saya Bu, seumur-umur tak pernah disuntik. Baru sekarang pertama kali disuntik," ujarnya.

Tak hanya Marhana, ada sekitar lima orang lansia lain yang juga ikut vaksinasi dari Puskesmas Gandus. Inah, salah satunya nenek usia 71 tahun yang berbanding terbalik dengan Nenek Marhana. Ia justru sangat siap dan tak ragu untuk di vaksin.

"Siap tak takut bismillah biar sehat," ujarnya.

Inah mengaku tak memiliki riwayat penyakit bawaan yang menghambat untuk divaksin. Hanya keluhannya ada pada rasa nyeri di bagian kaki. "Selebihnya tak pernah darah tinggi atau diabet," katanya.

Sementara itu, PJ Lansia Puskesmas Gandus, Indri mengatakan selain di PTC di Puskesmas Gandus juga masih digelar vaksinasi lansia. Namun lima lansia diikutkan vaksinasi di PTC. Dari Gandus, Puskesmas menyewakan mobil khusus untuk membawa lansia yang belum divaksin

"Semuanya kita fasilitasi agar para lansia ini nyaman. Kita juga mendukung program satu orang bawa dua lansia," katanya.

Terpisah, Plt Kabid Kesmas Kasi Kesga & Gizi Dinkes Kota Palembang, dr. Mirza Susanty SpKKLP mengatakan gebyar vaksinasi lansia ini digelar selama dua hari yakni 21 dan 22 Mei 2021 di PTC Mall mulai pukul 08.00- 12.00 wib.

"Untuk warga yang memiliki lansia silakan bisa datang ke PTC mall hari ini dan besok dan nanti tanggal 29 Mei kita akan gelar vaksinasi lansia di PIM ," jelasnya

Ia mengatakan dalam vaksinasi ini sehari ditargetkan 200 lansia namun tak menutup kemungkinan berapa pun lansia yang datang tetap dilayani. Saat ini capaian vaksinasi lansia kota Palembang sudah mencapai 30.000 orang dari 180.000 lansia.(Yak)

Warga Gaza Tumpah Ruah ke Jalan Rayakan Kemenangan, Hamas Siapkan Roket Jika Israel Berani Langgar

Begal Dikepung dan Diamuk Massa hingga Tewas Karena dua Laki Tembakannya Kenai Warga

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved