Breaking News:

Klinik Bayi Tabung di Palembang Ada di RS Siloam Sriwijaya, Sudah Dicita-citakan Sejak 2009

"Lalu saat tahun 2010 saya bertemu dengan almarhum dr Mahyudin dan menceritakan keinginan tersebut dan beliau sangat mendukung," jelasnya.

Editor: Refly Permana
Ist
Ilustrasi bayi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Klinik bayi tabung di Palembang bernama Klinik BlastulaIVF saat ini satu-satunya yang ada di Sumsel.

Lokasi klinik bayi tabung di Palembang ini ada di RS Siloam Sriwijaya Palembang.

DR dr H Rizani Amran SpOG-KFER selaku inisiator PT Reproduksi Palembang Bersatu atau Koordinator Pendidikan Konsultan Fertility adalah salah satu pegagas terbentuknya klinik bayi tabung di Palembang ini.

Dosen kedokteran Unsri ini mengatakan sejak tahun 2008 tepatnya Januari didirkanlah sub spesialis fertility (khusus dokter spesialis kandungan).

Harta Ludes Terjual Demi Berobat, Begini Nasib Pedangdut Elyn Munchen Saat Ini, Lumpuh Akibat Stroke

Lalu, di tahun 2009 mulai bercita-cita mengusulkan untuk dapat In Virto Fertilization (IVF) atau program bayi tabung. 

"Lalu saat tahun 2010 saya bertemu dengan almarhum dr Mahyudin dan menceritakan keinginan tersebut dan beliau sangat mendukung," jelasnya.

Keinginan ia bersama rekan lainnya adanya IVF di Sumsel karena Sumsel belum punya program bayi tabung ini. Dan saat itu kota Medan sudah ada walaupun ia berada di rumah sakit swasta.

"Lalu saya kumpulkan teman-teman seprofesi merencanakan klinik bayi tabung ini dan tersusun. Namun terbentur dengan peraturan saat itu kalau mau mendirikan klinik ini tak boleh berada diluar rumah sakit.

Jadi harus bersatu dengan rumah sakit," jelas dia.

Dokter senior di Palembang ini mengatakan keinginan ia dan rekannta untuk menghadirkan klinik bayi tabung di Palembang terutama Sumsel agar membantu masyarakat yang ingin mempunyai keturunan agar tak jauh-jauh lagi untuk mendapatkan layanan bayi tabung ini.

Aksi Solidaritas Peduli Palestina di Palembang, Rombongan Bang Japar Datangi Kantor DPRD Sumsel

"Selama ini banyak warga Palembang, Sumsel selama ini sampau berobat ke Singapura, Penang, Surabaya , Jakarta. Dan kita ingin agar mereka lakukan ini di Palembang saja," jelasnya.

Akhirnya setelah tahun 2018 awal, iapun berunding bersama rekan lainnya. Maka terbentuklah suatu PT Reproduksi Palembang Bersatu (RPB) ini.

"Karena untuk membuat program bayi tabung ini besar, maka kita himpun juga konsultan fertility ini," beber dia.

Dan akhirnya ditahun 2019 terbentuk, dan pihaknya mencari fasilitas dari rumah sakit yang bersedia menerima atau bekerjasama. 

"Proses mencari kerjasama dengan rumah sakit ini cukup panjang dan akhirnya RS Siloam Sriwijaya Palembang menyambut baik dan mengusulkan tawaran kami ini ke pusat dan disambut dengan kerjasama ini," tegas dia.

Setelah mendapatkan rekanan dengan RS Siloam, pembentukan klinik ini juga sempat mengalami kendala lagi.

"Rencana Mei 2020 kita akan buka namun terbentur karena pandemi. Kita tak ingin karena pandemi pasien belum maksimal karena tak sesuai dengan dana yang besar dan peralatan yang mahal," bebernya.

Profil Alvin Faiz, Anak KH Arifin Ilham yang Digugat Cerai, Bukan Orang Sembarang, Pengusaha Muda

Akhirnya, awal tahun 2021 tepatnya 21 Januari dilakukan soft opening.

"Alhamdulilah antusias masyarakat cukup baik. Dan sampai saat ini angka keberhasilan 43 persen tapi khusua april angka keberhasilan 67 persen jadi tinggi," jelas dia.

Penulis: Sri

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved