Breaking News:

FILIPINA Memanas, Gerilyawan Pro ISIS Kuasai Kota Kecil, Militer Kerahkan Tank: Baku Tembak

-Sekitar 200 gerilyawan Bangsamoro Islamic Freedom Fighters ( BIFF ) yang bersenjata berat merebut pasar umum Kota Datu Paglas

facebook
TERORIS Bangsamoro Kuasai Kota Datu Paglas Filipina sejak Sabtu Subuh, Ribuan Warga Terjebak. Panser tentara Filipina dikerahkan ke Kota Datu Paglas yang dikuasai teroris Bangsamoro (BIFF) 

SRIPOKU.COM, MANILA--Sekitar 200 gerilyawan Bangsamoro Islamic Freedom Fighters ( BIFF ) yang bersenjata berat merebut pasar umum Kota Datu Paglas, Maguindanao, Filipina, Sabtu, 8 Mei 2021 pada pukul 4 pagi.

Letnan Kolonel John Paul Baldomar, atas nama Divisi Infanteri Ke-6, mengatakan BIFF di bawah faksi Kagui Karialan menduduki pasar umum kota dan membangun posisi defensif di sana.

Pemberontak juga mencegah pedagang dan warga sipil pergi.

Baldomar mengatakan tentara dan polisi telah mengepung daerah tempat pemberontak BIFF berada.

Ratusan pengendara dan penumpang juga terjebak karena jalan raya Datu Paglas-Tulunan ditutup untuk lalu lintas sejak pukul 04.30 WIB.

"Kami telah terjebak sejak jam 5 pagi," kata Allan Sindatuk, seorang pengendara mobil, dalam sebuah wawancara radio.

Pada pukul 9 pagi, tembakan sporadis terdengar di Poblacion sementara warga sipil berlarian di sisi jalan raya nasional.

Pengangkut personel lapis baja dari Brigade Infanteri 601 Angkatan Darat telah bergerak menuju Datu Paglas sementara dua helikopter tempur melayang di atas.

Hannie Lamentac, warga Poblacion, Datu Paglas, memposting di halaman FB-nya gambar truk yang digunakan BIFF untuk memblokir jalan raya.

Abu Jihad, berbicara mewakili BIFF, membenarkan bahwa gerilyawan Moro bersenjata yang menduduki pasar umum kota adalah anggota faksi Kagui Karialan.

Namun Jihad tidak menanggapi pertanyaan wartawan melalui telepon genggam, mengapa mereka menduduki pasar publik.

Sebuah truk kargo digunakan oleh orang-orang bersenjata untuk memblokir jalan raya nasional menuju pasar umum kota.

Wali Kota Datu Paglas Toy Paglas mengatakan negosiasi untuk penarikan orang-orang bersenjata sedang berlangsung.

“Unit pemerintah daerah dan para pemimpinnya sekarang sedang bernegosiasi dengan BIFF,” kata Letnan Kolonel John Paul Baldomar seraya menambahkan bahwa bila perlu, militer akan menggunakan kekuatan untuk mengeluarkan BIFF dari pasar.

Aksi penyerbuan yang dilakukan gerilyawan BIFF untuk menduduki Datu Paglas bukanlah yang pertama.

4 Juli 2018, gerilyawan BIFF sempat menduduki Datu Paglas selama 12 jam sebelum dipukul mundur pasukan Filipina.

Komandan batalyon Letnan Kolonel Harold Cabunoc, mengatakan militer bersenjata lengkap dengan kendaraan lapis baja berhasil menaklukkan pasukan BIFF yang lari ke perbukitan setelah mencoba menduduki Kota Datu Paglas.

Cabunoc melaporkan empat militan tewas dan dua lainnya terluka dalam bentrokan itu. Seorang tentara juga dikabarkan terluka.

BIFF memisahkan diri dari Front Pembebasan Islam Moro yang memilih berdamai dengan Pemerintah Filipina PADA 2014.

Sejak saat ini BIFF melakukan beragam teror dan mengaku berafiliasi dengan ISIS.

Serangan terbesar yang dilakukan kelompok teroris berafiliasi dengan ISIS adalah penyerbuan ke Kota Marawi 2017.  Butuh lima bulan bagi tentara Filipina merebut kembali Marawi dari penguasaan ISIS.

Itu setelah Filipina mendapat bantuan pesawat pengintai dari AS dan Australia.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul TERORIS Bangsamoro Kuasai Kota Datu Paglas Filipina sejak Sabtu Subuh, Ribuan Warga Terjebak, https://medan.tribunnews.com/2021/05/08/teroris-bangsamoro-kuasai-kota-datu-paglas-filipina-sejak-sabtu-subuh-ribuan-warga-terjebak?page=all.

Editor: Tariden Turnip

Editor: Wiedarto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved