Breaking News:

Operasi Sikat Musi - Polres Muara Enim Berhasil Amankan 25 Pelaku 3C, Polsek Gelumbang Terbanyak

Polres Muara Enim berhasil mengamankan 25 orang pelaku Curas, Curat dan Curanmor dalam Operasi Sikat Musi-1 2021

Polres Muara Enim
Polres Muara Enim berhasil mengamankan 25 orang pelaku Curas, Curat dan Curanmor dalam Operasi Sikat Musi-1 2021 yang digelar selama 22 hari dari tanggal 8 - 29 April 2021 di wilayah hukum Polres Muara Enim. 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Polres Muara Enim berhasil mengamankan 25 orang pelaku Curas, Curat dan Curanmor dalam Operasi Sikat Musi-1 2021 yang digelar selama 22 hari dari tanggal 8 - 29 April 2021 di wilayah hukum Polres Muara Enim.

Hal ini disampaikan Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar melalui Wakapolres Kompol Agung Adithya Pranata didampingi Kasat Reskrim AKP Widhi Andika Darma dalam press release yang digelar di Mapolres Muara Enim, Senin (3/5/2021).

Menurut Kompol Agung, dalam Operasi Sikat Musi-1 2021 ini, pihaknya berhasil mengungkap 24 kasus dan mengamankan 25 orang pelaku Pencurian dengan Kekerasan (Curas), Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor).

Padahal target awalnya kita hanya menargetkan untuk mengungkap kasus sebanyak tiga orang yang memang sudah menjadi Target Operasi (TO) Polres Muara Enim.

Adapun 25 pelaku tersebut terdiri dari 4 kasus Curas, 4 kasus Curanmor dan 16 kasus Curat.

Dan yang paling banyak berasal dari Polsek Gelumbang dan Polres Muara Enim masing-masing sebanyak 4 kasus, sedangkan Polsek lain menyumbang juga namun bervariasi 1-3 pelaku 3C.

Untuk pelaku yang diamankan tersebut didominasi pelaku Curat.

"Rata-rata motif pelaku nekat melakukan tindakan melawan hukum tersebut dikarenakan permasalahan ekonomi dan kecanduan Narkoba," jelas Kompol Agung.

Masih dikatakan Kompol Agung, adapun motif pelaku adalah mengancam dengan senjata api/pisau, sedangkan modusnya dengan cara Merusak, Memotong, Memanjat dengan menggunakan anak kunci palsu (duplikat/kunci T), linggis, Sajam/Senpira dan lainnya.

Atas perbuatan mereka, untuk pelaku curas diancam pidana 9-20 tahun atau pidana mati, pelaku curanmor diancam pidana 7-9 tahun dan pelaku curat diancam pidana 5-9 tahun.

Untuk barang bukti yang diamankan yakni Sepeda Motor, HP, Pisau, Printer  (sudah dilimpahkan tersangka anak-anak), Kunci T, Televisi, Jam Tangan, Laptop, Hard Disk, Obeng dan Mesin Genset.

Kedepan, lanjut Kompol Agung, dengan adanya operasi ini diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat sehingga masyarakat tetap dapat melaksanakan aktivitasnya di bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Untuk itu, pihaknya mohon dukungan dan support-nya sehingga Polres Muara Enim terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Editor: adi kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved