Breaking News:

Jelang Hari Raya Idul Fitri, PTBA Serahkan Rumah Baru Bagi 188 KK yang Terkena Relokasi

Menjelang lebaran tahun 2021, PTBA secara resmi menyerahkan rumah baru yang lebih refresentatif 188 kepala keluarga (KK) dari Bedeng Obak, Karang

Sripoku.com/Ardani Zuhri
Relokasi : Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar, bersama Direktur Utama (Dirut) PT. Bukit Asam (PTBA) Suryo Eko Hadianto dan Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki secara simbolis pecahkan kendi tanda resminya relokasi warga di Bedeng Obak, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (1/5/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Menjelang lebaran tahun 2021, PTBA secara resmi menyerahkan rumah baru yang lebih refresentatif 188 kepala keluarga (KK) dari Bedeng Obak, Karang Tinah dan Ex. Dok Mutik.

Penyerahan rumah layak huni tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Plh. Bupati Muara Enim H Nasrun Umar, bersama Direktur Utama (Dirut) PT. Bukit Asam (PTBA) Suryo Eko Hadianto dan Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki di Bedeng Obak, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (1/5/2021).

Dalam pelepasan secara resmi dan simbolis, dilakukan pemecahan kendi yang dilanjutkan konvoi kendaraan truk bersama warga yang pindah membawa perabotan rumah tangga ke perumahan Bara Lestari II yang dibangunkan oleh PTBA secara gratis dan lebih presentatif dibandingkan tempat tinggal yang lama.

Relokasi warga ke perumahan Bara Lestari II, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim dibangun dan disiapkan oleh PTBA, secara keseluruhan terdapat 188 kepala keluarga (KK)  terdiri dari Bedeng Obak sebanyak 115 KK, Karang Tinah sebanyak 61 KK dan Ex. Dok Mutik sebanyak 12 KK.

Disampaikan Suryo Eko, bahwa relokasi ini merupakan lanjutan dari program yang telah dimulai sejak tahun 2014 lalu. Saat itu itu sekitar 428 KK warga Karang Tinah, Dok Mutik dan Bedeng Obak telah berhasil dipindahkan ke Perumahan Bara Lestari I.

Selanjutnya pada tahun 2021 ini, terdapat 188 KK lagi direlokasi secara bertahap yang dimulai pada 1 Mei ini. Untuk itu menurutnya PTBA telah menyiapkan 163 rumah layak huni yang terdiri dari 50 rumah tipe 21 dan 113 rumah tipe 34, sisanya akan dipindahkan pada tahap berikutnya.

Dikatakan Suryo Eko, bahwa relokasi warga ini bukanlah karena perusahaan ingin mengeksplorasi batu bara di lokasi tersebut dan PTBA memastikan tidak akan ada penggalian di bawahnya karena sampingnya ada sungai, secara aturan main sudah jelas tidak boleh ditambang.

Relokasi tersebut adalah untuk memanusiakan manusia yakni menerapkan nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh perusahaan. Nilai luhur tersebut adalah we explore for civilization, we explore for prosperity , dan we explore for brighter future.

Dalam hal ini, salah satu nilai yang diterapkan adalah explore for brighter future atau eksplorasi untuk masa depan yang lebih baik. 

Halaman
123
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved