Breaking News:

Food Estate Tiga Kabupaten di Sumsel Dimulai Mei Ini

Adapun rinciannya yakni kabupaten OKU Timur seluas 20.629 hektar, OKU Selatan 3.000 hektar dan Ogan Ilir (OI) 2.000 hektar.

sripoku.com/edhi
Sawah - Lahan persawahan di Kabupaten Lahat. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANGProgram food estate di tiga kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel) rencananya akan dimulai pada Mei 2021 ini. Pada tahap awal food estate di tiga kabupaten tersebut dilakukan di lahan seluas 25.629 hektar.

Adapun rinciannya yakni kabupaten OKU Timur seluas 20.629 hektar, OKU Selatan 3.000 hektar dan Ogan Ilir (OI) 2.000 hektar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Sumsel, Bambang Pramono mengatakan, food estate diterapkan di lahan yang telah ada dan akan dilaksanakan secara bertahap.

"Ada tiga kabupaten yang diinisiasi dari dana APBD bersinergi dengan Kementan dan perbankan di Sumsel dengan perusahaan penggilingan. InsyaAllah Mei ini bisa dimulai," kata Bambang pada rapat Major Project Food Estate/Kawasan Sentra Produksi Pangan (FE/KSPP) Sumsel, Kamis (29/4/2021) kemarin.

Program ini pun akan dilaksanakan terpusat di masing-masing kabupaten penyelenggaraan.

Misalnya di sentra produksi seperti OKU Timur di Belitang.

Terdapat dua kabupaten lagi di Sumsel yang akan memulai program cadangan pangan tersebut pada 2022 mendatang yakni, di Ogan Ilir dengan luas lahan 118 ribu hektar dan di Ogan Komering Ilir  (OKI) 59 ribu hektar.

Dua kabupaten tersebut merupakan usulan Pemerintah Provinsi Sumsel kepada Kementerian Pertanian.

Dia menyebutkan, target produksi dari program food estate ini adalah peningkatan 5 ton Gabah Kering Giling (GKG) per hektar atau jika ditotalkan hampir 130 ton GKG produksi.

Menurut Bambang, berapa tahun terakhir petani mengalami ketakutan dan trauma jelang panen raya karena harga gabah yang jatuh. Program food estate pun dirancang menjadi jawaban dari persoalan tersebut karena petani dibentuk dalam sebuah korporasi dan dihubungkan dengan off taker atau perusahaan penggilingan padi yang siap menerima hasil produksi gabah.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: bodok
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved