Breaking News:

Berita OKU

BRIPKA Hadi Suhendra Jadi Penceraman Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Al Mujadin Semidangaji

Bripka Hadi Suhendra SE mengisi ceramah peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Al Mujadin Desa Tubohan Kecamatan Semidangaji Kabupaten OKU

Sripoku.com/Leni Juwita, Handout
Bripka Hadi Suhendra Mengisi Ceramah Peringatan Nuzulul Qur'an 

Laporan wartawan Sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM.BATURAJA - Bripka Hadi Suhendra SE mengisi ceramah peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Al Mujadin Desa Tubohan Kecamatan Semidangaji Kabupaten OKU  Kamis (29/4/2121).

Bripka Hadi Suhendra SE bertindak sebagai iman shalat Tarawih Nuzulul Quran dan doa bersama  dan Ceramah Agama Dalam rangka Memperingati Nuzulul Qur'an.

Dengan Materi Ceramah Agama , Malam Nuzulul Quran adalah salah satu malam istimewa di bulan Ramadhan, karena diyakini sebagai malam di mana diturunkannya Al-Quran.

Saat itu Nabi Muhammad berusia 40 tahun, ketika beliau sedang berada di Gua Hira, menerima wahyu pertamanya, yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5. Ayat selanjutnya turun 3 tahun kemudian, yakni Surat An Nashr.

Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Umat Islam harus memanfaatkannya dengan baik, mengingat kita tidak pernah tahu apakah di tahun depan kita bisa bertemu dengan Ramadhan kembali.

Di bulan suci ini juga bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan ketakwaan dan keilmuan kita dengan cara mengikuti majelis-majelis ilmu. salah satu majelis ilmu yang bisa diikuti saat bulan Ramadhan adalah kultum atau kuliah tujuh menit

Kuliah tujuh menit biasanya disampaikan setelah shalat fardu misalnya setelah sholat isya atau setelah sholat subuh, atau juga bisa disampaikan setelah sholat tarawih dan witir.

Materi yang disampaikan saat kultum juga singkat dan mudah dipahami bagi pendengarnya. Salah satu materi yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk kultum atau ceramah saat bulan Ramadhan adalah tentang malam Nuzulul Quran, berdasarkan buku Amalan di Bulan Ramadhan, Mardiyah (2012 : 36).

Malam Nuzulul Quran biasanya diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan. Untuk tahun ini sendiri malam Nuzulul Quran akan jatuh pada tanggal 29 April 2021. Wahyu dari Allah yang turun pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Malam Nuzulul Quran menjadi malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan, sesuai firman Allah SWT.

Halaman
123
Penulis: Leni Juwita
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved