Breaking News:

Upaya Pencegahan Karhutla 

Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Sekitar Hutan Sebagai Upaya Pencegahan Karhutla 

Sudah banyak cara dan langkah untuk mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang telah dilakukan oleh pihak pemerintahan

ist
Ernita Sriwahyuni, SP 

Oleh: Ernita Sriwahyuni, SP.

Pengurus Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Sumsel

Sudah banyak cara dan langkah untuk mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang telah dilakukan oleh pihak pemerintahan maupun stake holder yang terkait baik langsung maupun tidak langsung dengan permasalahan ini.

Secara garis besar pada saat ini pemerintah khususnya provinsi Sumatera Selatan telah mencoba mengembangkan konsep Landscape tidak lagi berbicara secara parsial untuk melakukan pengelolaan lahan dan lingkungannya.

Begitu juga dengan kelola lahan dan air di semua institusi yang ada di negara ini sudah melek mengenai konsep water management dimulai dari Pihak TNI, POLRI sampai ke unsur terkecil di dalam sistem pemerintahan mencoba memberlakukan sistem yang dibuat untuk menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Secara detil penyebab kebakaran hutan dan lahan tersebut telah dipaparkan oleh alm. Profesor Robiyanto Hendro Susanto di dalam tulisannya berjudul “Menabur Harapan Di lahan Gambut Melalui Pendekatan Multi dimensi.

Tetapi untuk kali ini penulis akan lebih memfokuskan pada solusi yang dicoba dirangkum melalui Ekonomi, kelembagaan dan peningkatan kapasitas Peran Sinergis multipihak dan keberlanjutan.

Hal itu diusung oleh be­berapa stake holder yang merupakan Mitra pemasok APP Sinar Mas untuk mencegah ter­jadinya kebakaran hutan dan lahan dalam hal ini adalah Program DMPA (Desa Mak­mur Peduli Api).

Program DMPA ini merupakan sebuah pendekatan yang terpadu bersama dengan ma­sya­rakat desa untuk melindungi lahan hutan, terutama dari bahaya kebakaran.

Dengan ber­basis konsep agroforestry dalam implementasinya, DMPA bertujuan untuk:

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved