Breaking News:

OPINI: Pemasyarakatan Bukan Bagian Akhir Sistem Peradilan Pidana

Hari ini tanggal 27 April ditetapkan sebagai Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Pemasyarakatan bertransformasi dari sebuah Sistem Kepenjaraan

Bapas Kelas II Lahat
Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas II Lahat Darwind Sepriyansyah 

Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) 2021

Rubrik Opini

Pemasyarakatan Bukan Bagian Akhir Sistem Peradilan Pidana

By: Darwind Sepriyansyah (Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas II Lahat)

SRIPOKU.COM -- Hari ini tanggal 27 April ditetapkan sebagai Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP). Dimana dalam kurun waktu setelah 27 April 1964, Pemasyarakatan bertransformasi dari sebuah Sistem Kepenjaraan menjadi Sistem Pemasyarakatan.

Kini Pemasyarakatan bukan lagi sekadar bagian akhir dalam Sistem Peradilan Pidana di Indonesia, tapi hadir dalam setiap tahapan proses peradilan.

Di sinilah peran strategis Pembimbing Kemasyarakaan (PK) guna mewujudkan Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, yang nantinya akan dibahas lebih lanjut oleh penulis.

Bicara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57 tahun 2021, sudah selayaknya jadi momentum instropeksi sekaligus memperkokoh komitmen seluruh Insan Pemasyarakatan dalam mewujudkan tujuan sistem Pemasyarakatan.

Sebab, HBP ini merupakan salah satu hari yang penting untuk babak baru bagi para narapidana yang sebelumnya hanya dikatakan sebagai seorang penjahat dan tidak dipedulikan atas nasibnya di tengah masyarakat.

Adanya HBP juga menyadarkan kita bahwa para narapidana merupakan bagian dari masyarakat yang kelak jika mereka keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) mampu berbaur dan menjadi manusia normal seperti yang lainnya.

Halaman
1234
Editor: adi kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved