Breaking News:

MALAM INI! Jangan Lewatkan Saksikan Fenomena Pink Supermoon atau Fenomena Bulan Purnama

Supermoon yang terjadi pada April 2021 ini merupakan supermoon pertama dari dua supermoon yang akan terjadi di tahun 2021 ini.

Screenshot
Bulan purnama atau pink supermoon 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomena bulan purnama dengan sebutan pink supermoon yang akan muncul pada Selasa (27/4/2021).

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menginformasikan hal ini melalui website dan akun Instagram resminya.

Puncak purnama kali ini akan terjadi pada pukul 10.31.29 WIB dengan jarak geosentris 357.616 km terletak di konstelasi Libra. 

Selama tiga hari mulai dari Selasa-Kamis, 27-29 April 2021, bulan akan tampak penuh pada pagi hari. 

Sedangkan garis edar suatu benda langit yang terdekat dengan bumi atau perige Bulan ini akan terjadi pukul 22.29 WIB atau 23.29 WITA atau 00.29 WIT. 

Sehingga bulan akan terlihat dengan jarak terdekat dengan bumi pada malam hari ini.

Bulan purnama ini disebut bulan super atau supermoon lantaran jaraknya dekat dengan bumi atau disebut perige. 

Sedangkan penyebutan pink moon karena dalam sejarahnya, bulan yang terjadi pada bulan April dinamai menurut tanaman lumut merah muda atau disebut phlox merayap, phlox lumut, atau phlox gunung yang berasal dari Amerika Serikat bagian timur.

Supermoon yang terjadi pada April 2021 ini merupakan supermoon pertama dari dua supermoon yang akan terjadi di tahun 2021 ini.

Selain itu, dalam kalender Islam, bulan dilihat dari penampakan pertama bulan sabit yang membesar, yang kemudian menjadi bulan baru atau purnama yang menunjukkan mendekati pertengahan bulan suci ramadhan.

Kepala Unit Analisa Dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Sinta Andayani melalui rilis BMKG mengatakan melihat kondisi cuaca malam nanti, BMKG memprediksi cuaca akan cerah berawan di hampir seluruh wilayah Sumsel.

Hanya akan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Musi Rawas Utara, Empat Lawang, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Muara Enim, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU.

"Serta potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah PALI, Prabumulih, Banyuasin, OKU Selatan dan Ogan Ilir," ujarnya.

Penulis: maya citra rosa
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved