Breaking News:

Virus Corona

Dua Warga Sumatera Terinfeksi Virus Corona Varian Baru, Dinkes Sumsel Awasi WN India Masuk Palembang

Masyarakat diminta tetap patuhi prokes. Saat ini Covid-19 bisa dengan mudah bermutasi sehingga prokes harus terus dilaksanakan

SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi virus corona (Covid-19). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, pada Senin (26/4/2021) menyebutkan, 10 orang di Indonesia terinfeksi varian dari mutasi baru virus penyebab Covid-19 yang ditemukan di India.

Dari 10 orang tersebut, dua di antaranya berasal dari Sumatera. Namun hingga kini belum dirinci asal dua orang tersebut.

Kasi Surveilens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Yusri, mengatakan, hingga kini belum mendapat informasi resmi mengenai dua orang di Sumatera yang dinyatakan tertular virus korona varian baru yang disebut lebih ganas dari varian sebelumnya.

"Belum dapat info dari Kemenkes (terkait dua orang di Sumatera yang terinfeksi)," katanya, Selasa (27/4/2021).

Yusri menjelaskan, saat ini pihaknya melakukan beberapa langkah antisipasi seperti melakukan pengawasan jika terdapat warga negara India yang masuk ke Palembang.

Selain itu, nantinya akan dilakukan karantina selama 14 hari.

"Kami juga mengirim spesimen ke Litbangkes jika diduga oleh klinisi sebagai gejala varian baru," jelasnya.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Hal ini karena penerapan protokol kesehatan merupakan salah satu upaya efektif dalam mencegah penularan Covid-19.

"Untuk masyarakat tetap patuhi prokes. Saat ini Covid-19 bisa dengan mudah bermutasi sehingga prokes harus terus dilaksanakan," ujarnya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved