Breaking News:

Daerah Harus Pertegas Kebijakan Pemerintah Pusat, Agar Rakyat Tidak Bingung dan Nekat Mudik

Jangan sampai pemerintah pusat melarang tetapi pemerintah daerah memperbolehkan mudik antar kabupaten/kota di Sumsel

tribunsumsel.com/sahri
Ilustrasi: Salah satu titik pencengatan arus mudik di Kabupaten Empat Lawang.  

SRIPOKU.COM,  PALEMBANG - Pengamat Transportasi Sumsel,  Saidina Ali mengungkapkan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat mengenai larangan mudik lebaran merupakan tindakan tepat, untuk mencegah sebaran virus corona.

Pada saat momen lebaran akan terjadi transaksi pertemuan antar masyarakat dari daerah ke daerah lain, sehingga membuat potensi sebaran virus corona semakin besar. 

"Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah itu harus dipertegaskan kembali. Jangan sampai pemerintah pusat melarang tetapi pemerintah daerah memperbolehkan mudik antar kabupaten/kota di Sumsel," katanya,  Selasa (27/4/2021).

Dengan masih bertentangannya kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah membuat masyarakat menjadi bingung. Maka tidak heran ada sebagian masyarakat yang masih nekat melakukan mudik sejak dini. 

Penyekatan jalan yang diwacanakan sangat efektif untuk mencegah para pemudik keluar-masuk Sumsel. Hanya saja, diperlukan sinkronisasi antara kebijakan pusat dan daerah sehingga tak menimbulkan kebingungan di kalangan masyarakat. 

"Masyarakat saat ini sudah mulai berani kritis, berani ngomong dengan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apabila tidak terjadi kekompakan masalah larangan mudik, maka tidak heran masih banyak yang bandel mau mudik," tegas Saidina Ali. 

Menururnya, aturan penyekatan kendaraan ini seharusnya dilakukan satu bulan sebelum masa mudik lebaran tiba. Semua transportasi harus dipertegas harus ditutup total pada saat masa larangan mudik tersebut. Jika pemerintah berani mengeluarkan statement tegas tanpa adanya perubahan kebijakan bakal memberikan efek takut kepada masyarakat untuk melanggar aturan. 

"Apabila kebijakan yang dikeluarkan berjalan satu suara, saya yakin penyekatan masa mudik lebaran bisa dilakukan dengan baik. Jangan sampai Pandemi di kita ini terjadi seperti di India yang sampai membuat masyarakatnya nekat mengungsi keluar negaranya," jelasnya. (Oca) 

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved