Breaking News:

Kamus Sejarah

Ucapan Profesor UI Tentang Rumah Belajar Tersebut Terkait Kamus Sejarah

Sabtu, 24 April 2021, Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya U­niversitas Indonesia Prof Dr Susanto Zuhdi, SHum MHum memberi catatan ke­pada saya

Editor: Salman Rasyidin
Ucapan Profesor UI Tentang Rumah Belajar Tersebut Terkait Kamus Sejarah
ist
Dasman Djamaluddin SH.MHum 

Oleh : Dasman Djamaluddin SH.MHum 

Mantan Wartawan Sriwijaya Post, Jusnalis dan Sejarawan

Hari ini, Sabtu, 24 April 2021, Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) U­niversitas Indonesia  (UI) Prof. Dr.  Susanto Zuhdi, S.Hum, M.Hum  memberi catatan ke­pada saya.

Pertanyaannnya, mengapa masih draf kok sudah diunggah  di Rumah Belajar, se­dang­kan  saya sebagai editor tidak diberi tahu, mestinya dilengkapi lebih dulu..tks.

Rumah Belajar inilah yang menjadi permasalahan penulisan Kamus Sejarah Indonesia Jilid I dan II, karena bukunya belum siap diedarkan, karena masih dalam bentuk draft, te­tapi sudah disebarkan. 

Yang dimaksud dengan Rumah Belajar adalah portal pembelajaran daring yang di­kem­bangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sejak buku itu di “upload” di Rumah Belajar pada tahun 2017, sudah tentu menyebar ke ma­sya­rakat umum, sehingga mereka sudah membaca dan mengetahuinya.

Saya lebih menggarisbawahi tentang etika.

Menurut penjelasan Susanto Zuhdi, ia sen­di­ri sebagai Editor tidak diberitahu bahwa naskah itu sudah dikirim ke Rumah Belajar.

Etika, ya etika dalam  penulisan kamus ini menjadi penyebab tersebarnya isi kamus ke­pada masyarakat.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved