Breaking News:

Buya Menjawab

Ucapan 'Apa Kita Bercerai Saja'

Setiap sesudah bertengkar dengan istrinya menyatakan, “Apa kita bercerai saja?” Lalu isterinya menangis, kemudian menyesal...

https://gerberkawasaki.com/
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Assalamu’alaikum.Wr.Wb.

BUYA, saudara saya sudah tiga kali dalam waktu yang berbeda, setiap sesudah bertengkar dengan istrinya menyatakan, “Apa kita bercerai saja?” Lalu isterinya menangis, kemudian menyesal dan berbaikan kembali serta berhubungan suami isteri lagi.

Apakah mereka sudah jatuh Thalaq Buya? Mohon penjelasan.

Terimakasih. 0812 788 XXXX.

Baca juga: Kata-kata Cerai Suami

Baca juga: Buya Menjawab: Boleh Sholat Jumat dan Corona Berakhir saat Bintang Tsurayya Terbit Pekan Kedua Juni

Serta Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Jawab:
Wa’alaikumussalaam.Wr.Wb.
KATA-kata yang menyatakan cerai itu ada yang disebut dengan shoreh dan ada yang kinayah.

Shoreh contohnya; Engkau aku thalaq, engkau aku cerai. Apabila suami sudah berkata seperti itu kepada isterinya, maka sudah jatuh thalak walaupun dalam keadaan emosi (marah).

Tetapi kalau ucapannya kinayah (sindiran) seperti; ”Pulanglah ke rumah orangtuamu." Ucapan suami kepada isterinya seperti itu tergantung niatnya. Jika niatnya (dalam hati) bercerai, maka jatuh talak 1. Tetapi apabila niatnya untuk menenangkan hati saja (bukan bercerai), nanti setelah tenang dia akan jemput isterinya, maka tidak jatuh talak.

Mengenai ucapan saudara Anda: ”Apa kita bercerai saja?” itu berupa pertanyaan. Jika dijawab oleh istrinya iya, lalu kata suaminya; Sekarang engkau aku talak (cerai), maka jatuh talak 1. Namun apabila istrinya menangis mendengar pertanyaan suaminya tadi, lalu suami merasa nyesal dan berbaikan kembali, maka belum jatuh talak. Karena berupa pertanyaan bukan pernyataan. Demikian penjelasan pertanyaan ananda. (*)

ilustrasi
Update 22 April 2021. (https://covid19.go.id/)
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved