Breaking News:

Berita Palembang

3 Polda Persempit Gerak Pemudik, Banten, Lampung hingga Sumsel Sekat Jalur Mudik Lebaran

Tiga Polda di Indonesia yakni Polda Sumsel, Polda Lampung, dan Polda Banten sepakat untuk sama-sama bersinergi melakukan penyekatan jalur mudik lebara

Penulis: Bayazir Al Rayhan | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Bayazir Al Rayhan
Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Cornelis F Hotman Sirait 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Tiga Polda di Indonesia yakni Polda Sumsel, Polda Lampung, dan Polda Banten sepakat untuk sama-sama bersinergi melakukan penyekatan jalur mudik lebaran.

Hal ini usai ketiga Polda ini melangsungkan rapat koordinasi di Aula Emerald Hotel Emersia, Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

Rapat lintas Polda ini dalam rangka Operasi Ketupat Tahun 2021 untuk tiga wilayah yang jadi perlintasan para pemudik.

Dijelaskan Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Cornelis F Hotman Sirait, hadir juga Karo Operasional, Wadir Samapta, Wadir Binmas mengikuti rapat koordinasi dengan Polda Lampung dan Polda Banten untuk membahas titik penyekatan jalur di perbatasan wilayah masing-masing.

Tak hanya mendirikan pos penyekatan, nantinya juga akan dilakukan sinergi untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021 di wilayah masing-masing.

"Hal ini, bertujuan untuk dapat membantu memutus penyebaran Covid19. Maka dalam Operasi Ketupat tahun 2021 ini, masing-masing Polda bersinergi melakukan penyekatan di beberapa titik yang dapat dilewati para pemudik yang tetap melaksanakan mudik meskipun sudah dilarang" kata Hotman, Kamis (22/4/2021).

Lebih lanjut dikatakan Hotman, tiga Polda sepakat untuk bersinergi melaksanakan pengamanan selama pelaksanaan operasi ketupat tahun 2021 dengan membentuk pos-pos gabungan di titik perbatasan antar wilayah.

Upaya maksimal di wilayah hukum polda masing-masing dalam mengimplementasikan kebijakan pemerintah tentang larangan mudik pun akan dilakukan.

Tak hanya itu saja, Polda juga melakukan sosialisasi melalui media massa, media mainstrem dan secara langsung terkait langkah penyekatan melalui pos penyekatan yang dilakukan.

"Tiga Polda sepakat untuk memberikan pelatihan kepada petugas pos penyekatan tentang cara menghadapi pemudik yang tidak patuh mengikuti larangan mudik.

Selain itu, membuat media komunikasi antar tiga polda untuk memudahkan pelaksanaan tugas personil dilapangan," lanjut Hotman.

Setelah melakukan rapat koordinasi dengan Polda Lampung dan Banten, Polda Sumsel juga berencana akan melaksanakan rapat koordinasi dengan Polda Bengkulu dan Jambi.

Karena dua Polda ini, juga berada di perbatasan wilayah Polda Sumsel.

Dari itulah, kedua Polda ini juga akan diajak untuk rapat koordinasi terkait penyekatan antar wilayah perbatasan masing-masing.

RASAKAN Akibatnya, Terbukti Mudik Akan Dikarantina 5x24 Jam dengan Biaya Sendiri

Jajaran Ditlantas Polda Sumsel Tak Ingin Kecolongan, Jemput Bola Sosialisasi Larangan Mudik Lebaran

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved