Breaking News:

Berita Palembang

Hanya Satu Pabrik Tahu di Palembang Kantongi Izin Sanitasi dan Higiene dari Dinkes, Ada di Sukarami

Sebelumnya Wakil Walikota Palembang telah melakukan sidak ke salah satu produsen industri tahu yang mengandung formalin belum lama ini

TRIBUN SUMSEL/ARDIANSYAH
Ilustrasi: Polisi perlihatkan barang bukti, dan Pemilik tahu berformalin di Palembang Ungkap Cara Bikin dan Proses Agar Tahan Lama dan Tidak Pecah 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Memiliki izin kelaikan sanitasi dan higiene menjadi sebuah kewajiban bagi pelaku usaha yang memiliki pabrik olahan seperti tahu. 

Namun sayangnya di Kota Palembang baru satu pabrik yang telah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kota Palembang perihal sanitasi dan higiene.

PLT Kabid Kesehatan Masyarakat, dr Mirza Susanti menyebutkan jika pabrik tahu yang dikeluarkan izin kelaikan sanitasi dan higiene berlokasi di Kecamatan Sukarami

"hampir semua industri tahu belum ada izinnya, khususnya dari aspek higiene dan sanitasinya belum terpenuhi, cuma ada satu di daerah Kecamatan Sukarami yang ada direkomendasi untuk dikeluarkan izinnya," ujarnya, Rabu (21/4/2021). 

Dikatakan Mirza, sebelumnya Wakil Walikota Palembang telah melakukan sidak ke salah satu produsen industri tahu yang mengandung formalin belum lama ini.

Lokasinya berada di Bukit Kecil dan masuk dalam wilayah kerja Makrayu. 

Pasca penemuan tersebut, Dinkes semakin intensif untuk memberikan sosialisasi terhadap pelaku usaha memperhatikan juga kriteria pengawasan serta pendirian pabrik tahu. 

Selain menghindari penggunaan bahan berbahaya, juga wajib memperhatikan soal sanitasi dan higienenya. 

"Kita harap produsen menjadikan perusahaan yang memproduksi tahu  sesuai syarat kesehatan. Kami juga mendorong agar produsen juga mengurus izin tersebut," katanya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved