Breaking News:

Didorong Usulan Dispora se-Indonesia, Pekan Olahraga Pelajar Nasional di Sumsel Ditunda Hingga 2023

“Memang dikhawatir nantinya bakal muncul klaster baru jika gelaran Popnas dipaksakan sesuai jadwal.” kata Riza waktu itu.

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Kadispora Sumsel Drs H Akhmad Yusuf Wibowo MS 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kemenpora RI menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV yang seyogyanya dijadwalkan digelar di Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Juni 2021 mendatang.

Kadispora Sumsel Drs H Akhmad Yusuf Wibowo MSi dan Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Pahlevi yang dihubungi Sripoku.com tengah di Muratara, membenarkan informasi penundaan ini.

Dijelaskan Kadispora, PPKM Prokes berdampak langsung pada persiapan atlet sehingga tidak optimal, dan memengaruhi anggaran transport dan akomodasi hanya disi 50 persen dan konsumsi, (terbatas ruangan hanya 50 orang), belum vaksin usia di bawah 18 tahun, pembatalan ASEAN School Games yang linier dengan Popnas.

Baca juga: Bekali 24 Pelatih Keahlian Terapis, Dispora Datangkan Pakar Masseur, Berikut Alasannya

Baca juga: Ular King Kobra Bikin Panik Pegawai Kantor Dispora PALI, Evakuasi Sempat Menegangkan

"Masukan dan saran dari Dispora se-Indonesia yang sebagian besar menghendaki penundaan sampai dengan tahun 2023," ungkap Drs H Akhmad Yusuf Wibowo MSi, Selasa (20/4/2021).

Yusuf menambahkan, dari data yang masuk Popnas 2021, 6950 atlet dan pelatih serta 2000 official dan perangkat pertandingan dengan jumlah tsb menjadi pertimbangan Kemenpora untuk menunda sampai dengan 2023. 

Seperti diketahui pelaksanaan Popnas tersebut sempat mengalami molor, dikarenakan tuan rumah Bangka Belitung dikabarkan mengajukan penundaan jadwal dari semula Juni, menjadi November 2021, dengan alasan masih dalam masa Pandemi COVID-19  yang tak kunjung usai.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Pahlevi saat itu mengatakan Babel memutuskan diundur pada November, tapi kalau Sumsel siap sejak awal.

Baca juga: Ular Kobra Sepanjang Tiga Meter Muncul di Kantor Dispora PALI, Lama Sembunyi di Mobil Kadispora

Baca juga: Oknum Honorer Terlibat Aksi Jambret di Baturaja, Kadispora OKU: akan Diberhentikan, Tak Bisa Dibina

“Memang dikhawatir nantinya bakal muncul klaster baru jika gelaran Popnas dipaksakan sesuai jadwal.” kata Riza waktu itu.

Riza Fahlevi yang juga Wakil Ketua Umum KONI Sumsel ini menambahkan, pihaknya terus mempersiapkan segala sesuatu untuk menjadi host city pada pesta olahraga pelajar di Tanah Air ini.

Bahkan, Riza menyebut di kabupaten dan kota sudah mulai melakukan seleksi putra-putri terbaiknya untuk bisa tampil maksimal dan maju mengikuti seleksi level provinsi.

Riza berharap Pandemi COVID-19 ini segera berlalu. Apalagi seiring dengan proses vaksinasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

Baca juga: Bangkitkan Bakat Pesepakbola Pedesaan di OKU Selatan, Kadispora Sumsel Serahkan Bantuan 75 Bola

Baca juga: Minggu Besok, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung Menggelar Belitung Beach Run 5K

Popnas XVI 2021 seyogiyanya direncanakan pada 23 Agustus - 5 September 2021, dan diselenggarakan di Provinsi Sumsel dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Hosting bersama akan mempertandingkan 24 cabor.

Didapatkan usulan bahwa Babel akan menjadi tuan rumah 6 enam cabor Popnas XVI 2021 antara lain yudo, voli pasir, karate, panahan, panjat tebing, dan tinju.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: RM. Resha A.U
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved