Breaking News:

MotoGP Portugal 2021

Hasil MotoGP Portugal 2021- Quartararo Juara, Nasib Apes Rossi, Jatuh di Tikungan Lap 11

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo berhasil menjuarai seri MotoGP Portugal 2021.

AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA
Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kanan) memimpin balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao pada 18 April 2021 

SRIPOKU.COM, PORTUGAL--Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo berhasil menjuarai seri MotoGP Portugal 2021. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, itu Fabio Quartararo berhasil menjadi yang tercepat, Minggu (18/4/2021). Adapun posisi kedua dan ketiga secara berurutan ditempati oleh pebalap Ducati Francesco Bagnaia dan Joan Mir (Suzuki Ecstar). Di posisi keempat dan kelima, terdapat nama Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) dan Brad Binder (KTM).

Sementara itu, pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang baru saja comeback dari cedera pada balapan MotoGP Portugal kali ini finis di urutan ketujuh. Di sisi lain, legenda MotoGP sekaligus pebalap senior Valentino Rossi (Petronas Yamaha) tak bisa mengakhiri atau finis pada balapan setelah terjatuh pada lap ke-17. Jalannya balapan MotoGP Portugal 2021 diawali dengan penghormatan kepada eks pebalap MotoGP Fausto Gresini yang meninggal dunia pada Februari lalu karena Covid-19.

Tak hanya MotoGP, penghormatan juga dilakukan F1 yang menggelar seri GP Emilia Romagna pada saat yang sama. Starting grid terdepan MotoGP Portugal ditempati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Alex Rins (Suzuki Ecstar), dan Johann Zarco (Pramac Racing). Sementara itu, Marc Marquez yang kembali dari cederanya memulai balapan dari posisi keenam.

Fabio Quartararo yang mengawali race dari posisi pertama langsung disalip para rivalnya dan merosot ke urutan keenam. Pada saat bersamaan, Johann Zarco mengambil alih urutan terdepan. Ia mengungguli Alex Rins dan Joan Mir yang menyusul beurutan di tempat kedua dan ketiga.

Sementara itu, Marc Marquez berhasil melaju ke posisi keempat. Namun, memasuki lap 3, Marquez turun ke urutan ketujuh setelah disalip tiga pebalap sekaligus, yakni Fabio Quartararo, Jack Miller, dan Aleix Espargaro. Persaingan sengit terjadi antara Johann Zarco dan Alex Rins pada lap kelima.

Alex Rins berhasil mengambil alih posisi terdepan dari Johann Zarco. Pada saat yang sama, Quartararo mengamankan tempat kedua. Adapun nasib apes dialami Jack Miller setelah terjatuh di Tikungan 3. Alhasil, Miller yang semula berada di urutan keenam merosot tajam dan tidak bisa melanjutkan balapan. Di sisi lain, Valentino Rossi yang mengawali race dari posisi ke-17 berhasil mendekati 10 besar.

Ia untuk sementara berada di posisi ke-12, berada di belakang adik tirinya, Luca Marini. Sementara itu, MotoGP Portugal bukan menjadi seri yang menyenangkan bagi Maverick Vinales. Setelah start dari posisi ke-12, rider Monster Energy Yamaha itu terancam tidak mendapat poin karena turun drastis ke urutan ke-18. Lap 9, Quartararo memenangi persaingan dan kembali memimpin balapan. Ia berjarak 0,357 detik atas Alex Rins yang terus memberikan tekanan.

Sementara itu, Johann Zarco turun ke urutan keempat di belakang Joan Mir. Namun, Johann Zarco menembus tiga besar usai menyalip Joan Mir saat memasuki lap ke-15. Dengan demikian, tiga posisi terdepan untuk sementara ditempati Fabio Quartararo, Alex Rins, dan Johann Zarco. Marc Marquez tertahan di urutan kesembilan dan unggul 2,5 detik atas adik kandungnya, Alex Marquez (LCR Honda) yang berada di posisi ke-10.

Lap 17, Valentino Rossi mengalami kecelakaan (crash) di Tikungan 11 setelah menyalip Luca Marini. Kegagalan Rossi membuat Petronas Yamaha SRT kini hanya mengandalkan Franco Morbidelli yang kini berada di urutan kelima.

Alex Rins yang sedang mencoba mengejar Quartararo justru terjatuh di Tikungan 5 lap ke-19. Tak berselang lama, giliran Johann Zarco yang mengalami crash saat memasuki lap ke-20. Sementara itu, Fabio Quartararo semakin tak terkejar dan unggul hampir lima detik atas Francesco Bagnaia yang berada di belakangnya. Bagnaia sendiri bersaing ketat dengan Joan Mir demi podium kedua MotoGP Portugal 2021.

Fabio Quartararo pun berhasil memastikan kemenangan di MotoGP Portugal 2021 setelah lebih dulu melewati garis finis. Adapun podium dua menjadi milik Francesco Bagnaia dan Joan Mir menempati tempat ketiga. Ini merupakan kemenangan kedua Quartararo secara beruntun setelah MotoGP Doha beberapa pekan lalu. Hasil MotoGP Portugal 2021

1. Fabio Quartararo
2. Francesco Bagnaia
3. Joan Mir
4. Franco Morbidelli
5. Brad Binder
6. A Espergaro
7. Marc Marquez

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil MotoGP Portugal 2021- Quartararo Juara, Marc Marquez 7, Rossi Jatuh",  https://www.kompas.com/motogp/read/2021/04/18/19430078/hasil-motogp-portugal-2021-quartararo-juara-marc-marquez-7-rossi-jatuh?page=all#page3.
Penulis : Farahdilla Puspa
Editor : Eris Eka Jaya

Editor: Wiedarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved