Breaking News:

Berita Lahat

Ratusan Kades di Lahat Habis Jabatan, DPRD Usulkan Desember 2021 Gelar Pilkades Serentak 

“Berdasarkan APBD Induk sementara anggaran Pilkades 2021 hanya diperuntukkan untuk 75 desa yang habis masa jabatan 2019– 2020 lalu,” ungkapnya.

SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Ketua Komisi I DPRD Lahat, Nizarudin SH 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Sepenjang tahun 2021 ini akan ada ratusan Kepala Desa di Kabupaten Lahat,  yang habis masa jabatannya.

Menyikapi hal tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat melalui Komisi I merekomendasikan agar pada Desember 2021 dapat terselenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lahat.  

"Ya kita lihat di bulan Oktober 2021 ada puluhan kemudian di bulan Desember 2021 ada ratusan kepala desa yang masa jabatannya berakhir. Makanya kita merekomendasikan di bulan Desember 2021,” ungkap Ketua Komisi I DPRD Lahat, Nizarudin SH,  Jumat (16/04/2021). 

Baca juga: Mengenal Tradisi Nanggok di Lahat, Bupati Cik Ujang Ingin Tradisi Itu Jadi Destinasi Wisata

Baca juga: Mengenal Tradisi Nanggok di Kabupaten Lahat, Lebih Dari Sekedar Mencari Ikan

Dilanjutkanya untuk pelaksanaan Pilkades Serentak nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat telah menganggarkan dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (ABPD) II Pemkab Lahat melalui Anggaran Biaya Tambahan (ABT) tahun.

“Dana untuk Pilkades secara serentak tersebut, telah kita siapkan di Anggaran Biaya Tambahan (ABT) di bulan Desember 2021 sebesar Rp 5,5 miliar,” tambah Nizarudin.

Selain itu, Nizarudin mengharapkan bahwa dalam tahap pemberkasan, ketika memasuki masa pencalonan nanti, agar Panitia yang ditunjuk oleh  Pemkab Lahat, dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Di sini juga kami mengimbau kepada Panitia di Pilkades serentak nanti, kami minta tidak ada tebang pilih dan dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan atau undang-undang yang berlaku,” katanya. 

Baca juga: Dua Sejoli Digerebek Berduaan di Semak-semak, Patroli Keamanan di Lahat Jelang Bulan Ramadan

Baca juga: Jembatan di Kecamatan Pseksu Lahat Ambruk, Akses 2 Desa Terputus, Ini yang Dilakukan Cik Ujang

Sementara, Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa, Yanuar Adriansyah SE MAP dikonfirmasi sebelumnya mengaku, sebanyak 162 desa di Kabupaten Lahat habis masa jabatan di tahun 2021 ini.

Sementara anggaran Pilkades 2021 hanya diperuntukkan 75 desa yang masa jabatannya sudah habis pada tahun 2019-2020.

“Berdasarkan APBD Induk sementara anggaran Pilkades 2021 hanya diperuntukkan untuk 75 desa yang habis masa jabatan 2019– 2020 lalu,” ungkapnya.

Pelaksanaan pilkades tetap berdasarkan pada anggaran.

Apabila Pilkades serentak dilaksanakan semua desa yang habis masa jabatan pada 2021, jumlah desa yang akan mengikuti Pilkades mencapai 237 desa.

Baca juga: Pencuri Motor di Salon Alona Muaraenim Ditangkap Usai Buron Satu Tahun, Ternyata Warga Lahat

Baca juga: Stok Elpiji di Lahat Selama Ramadhan dan Idul Fitri, Pemkab: Kita Dapat Tambahan dari Pertamina

Kondisi itu diperkirakan akan menimbulkan permasalahan anggaran yang dibebankan kepada pemerintah daerah.

“Dianggarkan hanya 75 desa di tahun ini, dan belum tahu pada APBD perubahan nanti apakah bisa bertambah terkait jumlah desa yang diikutsertakan," sampainya.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: RM. Resha A.U
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved