Breaking News:

Perbankan Syariah Dan Maksimalisasi Potensi ZIS dan Wakaf

Musibah pandemi Covid-19 menyebabkan kondisi ekonomi masyarakat kelas menengah kebawah men­­jadi jauh lebih sulit.

Editor: Salman Rasyidin
Perbankan Syariah Dan Maksimalisasi Potensi ZIS dan Wakaf
ist
H. Saekan Noer SH.MM

Oleh : Saekan Noer SH,MM

Praktisi Perbankan Syariah di Palembang

Musibah pandemi Covid-19 menyebabkan kondisi ekonomi masyarakat kelas menengah kebawah men­­jadi jauh lebih sulit.

Angka kemiskinan kian meningkat (data Badan Pusat Statistik (BPS) me­nun­­jukkan, kini menyentuh angka 10,19 persen pada September 2020 dan jumlah penduduk miskin In­­donesia ber­tambah 2,76 juta) dan kondisi ini diperparah lagi dengan adanya penambahan tingkat pe­­­ngangguran.

Ter­hambatnya sebagian besar aktivitas perekonomian, “memaksa” para pelaku usaha me­lakukan efi­si­ensi guna menekan operational cost, yang pada akhirnya mengakibatkan banyak pe­kerja dirumahkan a­tau bahkan diberhentikan (PHK).

Pemerintah sebenarnya tidak tinggal diam, kita ke­tahui bersama bahwa berbagai upaya penyelamatan kondisi ekonomi melalui subsidi/bantuan pe­merintah sampai dengan ber­bagai program intensif lainnya telah dilakukan, namun demikian kondisi ekonomi dinilai belum pulih.

Sebenarnya didalam Islam, upaya pengentasan kemiskinan sudah ada sejak dahulu yaitu dengan me­mak­si­malkan potensi Zakat Infaq Sadaqah (ZIS) dan Wakaf.

Islam sebagai agama rahmatan lil’ alamin (ba­ca: agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta) mem­berikan pe­tun­juk kepada umatnya atas segala hal yang wajib dilakukan dan yang wajib diting­gal­kan; baik ber­ka­it­an dengan akidah, ibadah, akhlak, dan muamalah. Islam menghendaki setiap umat­nya untuk selalu sa­ling tolong menolong diantara sesamanya.

Tolong menolong tersebut ter­ma­suk juga menyangkut harta ke­kayaan yang dimiliki.

Yakni diwajibkan atas orang-orang yang me­mi­liki kekayaan lebih (agniya) un­tuk melakukan Zakat atas harta yang dimilikinya kepada kaum yang tergolong pada orang mem­bu­tuh­kan.

Bank syariah.
Bank syariah. (www.darussalaf.or.id)

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved