Breaking News:

Hujan Es Terjadi di Pagaralam, Begini Penjelasan BMKG

Fenomena hujan es kembali terjadi di Pagaralam Sumsel hari ini, Kamis (15/4/2021), yang sebelumnya juga pernah terjadi pada tahun lalu.

Istimewa/handout
Ilustrasi - Hujan es Landa Sejumlah Wilayah di Indonesia 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Fenomena hujan es kembali terjadi di Pagaralam Sumsel hari ini, Kamis (15/4/2021), yang sebelumnya juga pernah terjadi pada tahun lalu.

Fenomena tersebut terjadi tepatnya di sekitar Gunung Gare, Pagaralam sontak membuat warga sekitar merekam kejadian tersebut.

Hujan es ini terjadi pasca terjadinya beberapa kali petir besar disertai hujan lebat yang melanda Pagaralam dan sekitarnya, sekira pukul 14.45 WIB.

Menurut analisis BMKG SMB II Palembang, hujan es memang bisa saja terjadi karena adanya awan hujan cumulonimbus yang terdiri dari butiran es.

Kepala Unit Analisa Dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Sinta Andayani mengatakan, hujan es bisa saja terjadi karena di dalam awan cumulonimbus atau awan hujan, yang memang sebenarnya terdiri dari butiran es, dimana air pada freezing level membeku. 

Di dalam awan itu juga terjadi golakan angin yang kencang sehingga pada proses downdraft atau angin kencang yang turun mencapai permukaan tanah.

"Di awan itu juga terjadi golakan angin yg kencang sehingga pada proses downdraft atau angin kencang yang turun, menurunkan butiran es dimana ketikan mencapai permukaan tanah," ujarnya.

Namun es tersebut belum sepenuhnya mencair sehingga saat mencapai tanah masih dalam bentuk butiran.

"Hujan es merupakan fenomena yg bisa terjadi pada saat musim pancaroba, hal ini biasa terjadi," ujarnya.

Penulis: maya citra rosa
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved